Ekologi Guizhou Mencerminkan Pembangunan Rendah Karbon

Ekologi Guizhou Mencerminkan Pembangunan Rendah Karbon

Tiongkok - Baru-baru ini, penyerap karbon ini telah terjual dan dananya disimpan di akun bank khusus Zhiliang Wu, seorang warga prasejahtera di Desa Datang, Provinsi Guizhou, diwancara Jurnalis Huanqiucom.

Dia bergabung dalam proyek pengentasan kemiskinan yang melibatkan penyerap karbon pada satu pabrik. "Sebelumnya, saya hanya berharap agar pohon-pohon ini cepat bertumbuh agar dapat dipakai untuk merenovasi rumah. Saya tak menyangka bahwa merawat pohon kini dapat menghasilkan uang," kata Zhiliang Wu.

Di tengah isu-isu iklim dan lingkungan hidup global, berbagai pencapaian Provinsi Guizhou dalam pelestarian alam dan pembangunan rendah karbon telah menjadi model dan kisah sukses di Tiongkok.

Menurut Kesepakatan Paris pada 2015, seluruh negara harus mengatasi ancaman perubahan iklim, menjaga suhu rata-rata dunia di bawah 2 derajat Celcius dari suhu rata-rata sebelum masa revolusi industri, dan bekerja keras mengendalikan kenaikan suhu minimum 1,5 derajat Celcius.

Untuk mempelajari peran Guizhou dalam Pembangunan Hijau dan Rendah Karbon, seorang wartawan Huanqiu.com mengunjungi Guizhou.
Sebagai salah satu wilayah uji coba konservasi lingkungan hidup di Tiongkok, Guizhou giat membangun sistem energi bersih, rendah karbon, aman dan efisien. Tingkat penggunaan energi bersih di Guizhou mencapai 52,9%, atau 8,1 poin persentase lebih tinggi dari rata-rata nasional. 

Lebih lagi, Provinsi Guizhou mengembangkan berbagai industri pembangkit listrik tenaga bayu dan fotovoltaik. Kapasitas terpasang energi baru di Guizhou bahkan melampaui 15 juta kilowatt pada 2020. Guizhou juga menghasilkan listrik sebanyak 78,93 miliar kilowatt jam dari energi bersih, dan mengurangi emisi karbondioksida sebanyak 61,54 juta ton.

Provinsi Guizhou aktif menjajaki model baru "Internet + pelestarian alam + pengentasan kemiskinan terarah" selama beberapa tahun terakhir. Berkat proyek pengentasan kemiskinan yang melibatkan penyerap karbon pada satu pabrik, penyerap karbon tahunan yang terjual mencapai  41,26 juta kilogram, dan penyerap karbon yang dapat diperdagangkan mencapai RMB 12,378 juta.**


Dion Tri Septian

Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT