Dua ABK Pengangkut CPO Berbendera Hongkong di Dumai Positif Covid-19

Dua ABK Pengangkut CPO Berbendera Hongkong di Dumai Positif Covid-19

Dumai - Dua orang Anak Buah Kapal (ABK) berbendera Hongkong merek MT. Maritime Suzanne Imo yang bersandar di Pelabuhan Dumai terkonfirmasi Positif Covid-19. 

Kapal dengan jumlah ABK 24 orang itu yang berlayar dari Singapura, tiba di pelabuhan Dumai pada Sabtu tanggal (26/6/21) sekira pukul 20.12 Wib.

Diketahui, ada sebanyak 23 orang ABK berkebangsaan India, sedangkan 1 orang lainnya berkebangsaan China. Saat ini kapal tersebut masih bersandar di Dermaga B Pelindo Dumai.

Kabarnya, pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai akan melakukan upaya tindakan disinseksi/hapus serangga terhadap kapal tersebut. Saat ini kapal masih melakukan pemuatan Palm Oil Product (POP) di PT. Dumai Paracipta Abadi dan PT. Naga Mas.

Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveillance Epidemiologi dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kota Dumai membenarkan tentang adanya ABK Kapal China itu positif Corona. 

"Saat kapal tiba dilakukan pemeriksaan dan karantina, hasilnya tidak ditemukan faktor risiko, semua ABK dalam keadaan sehat, maka diterbitkan COP (Free Pratique)," ungkap narasumber, Rabu (30/6/21).

Namun, pada Selasa (29/6/2021) sekira pukul 08.00 Wib, pihak agen mendapatkan Hasil Swab PCR dari Pihak Rs. Awal Bross Pekanbaru bahwasanya dua dari 24 ABK tersebut terkonfirmasi Positif  Covid-19.

Untuk memutus mata rantai penyebaran, selanjutnya pihak KKP Dumai melakukan isolasi mandiri terhadap kedua ABK tersebut di Hotel Superstar Dumai selama 14 hari. Penelusuran awak media, hingga saat saat ini keduanya masih diisolasi.**


 

Mufaidnuddin
Komentar Via Facebook :