Tiga Nelayan Pangandaran Hilang, Perahu Dihantam Ombak

 Tiga Nelayan Pangandaran Hilang,  Perahu Dihantam Ombak

Jawa Barat - Sebuah perahu nelayan hilang dibawa ombak di sekitar perairan cagar alam Pananjung Pangandaran, Selasa (1/6/21) malam. Dari lima awak perahu, tiga orang nelayan hilang.

Sampai Rabu (2/6/21) pagi, tiga orang nelayan itu masih belum diketahui keberadaannya.

Kepala Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Pangandaran AKP Sugianto membenarkan adanya kejadian itu. "Kami sudah menerjunkan tim SAR. Ada tiga perahu yang terdiri dari Satpolair, TNI AL dan SAR Barakuda serta relawan," kata Sugianto.

Dia juga mengerahkan tim untuk menyisir kawasan pantai. "Semoga bisa segera ditemukan dalam keadaan selamat," kata Sugianto.

Sugianto menjelaskan kejadian berawal ketika lima orang nelayan warga blok pasar ikan Pangandaran pergi melaut untuk menangkap teri dan ikan layang. Mereka terdiri dari Agun (25),Iwan (30), Asep Kodok (40), Ade Rafi (60), dan Ee (40).

Saat mulai menangkapi ikan. Petaka terjadi ketika tiba-tiba datang ombak besar menghempas perahu. Perahu langsung karam dan para nelayan itu terpental lalu tergulung ombak.

"Di sekitar itu ada perahu lain yang sama-sama sedang menangkap ikan. Melihat kejadian itu mereka langsung memberikan pertolongan," kata Sugianto.

"Teman sesama nelayan berhasil menyelamatkan Iwan dan Ee, keduanya sudah dibawa ke darat. Sedikit mengalami luka-luka," kata Sugianto.

Sementara itu tiga orang nelayan lain yaitu Ade, Agun, dan Asep, belum ditemukan. Karna kondisi gelap dan keterbatasan alat penerangan yang dimiliki oleh nelayan, membuat upaya penyelamatan terbatas. "Setelah menerima laporan, saat itu juga kami melakukan pencarian, namun belum berhasil ditemukan," kata Sugianto.

"Kami mengimbau rekan nelayan selalu memperhatikan unsur keselamatan. Jika cuaca dan medan tak memungkinkan, sebaiknya menghindar," kata Sugianto.**


 

Nelpa A.Md
Komentar Via Facebook :