Bersama KIND, KT Asal Korsel Perluas Bisnis Pusat Data Global

Bersama KIND, KT Asal Korsel Perluas Bisnis Pusat Data Global

Seoul - Perusahaan telekomunikasi terbesar di Korea Selatan, KT Corp. (KRX: 030200; NYSE: KT), akan memperluas bisnis pusat data globalnya bersama Korea Overseas Infrastructure & Urban Development Corporation (KIND) di instansi pemerintah di Korea.

KT Corp adalah perusahaan penyelenggara jasa telekomunikasi yang terbesar di Korea, kembali terbentuk pada 1981 berdasarkan Undang-Undang Bisnis Telekomunikasi.

KT sempat memimpin era inovasi di Korea sebagai negara dengan konektivitas terbaik di dunia. KT juga memimpin revolusi industri ke-4 dengan jaringan komunikasi kabel/nirkabel berkecepatan tinggi dan teknologi TIK terkini.

Sebelumnya KT meluncurkan jaringan 5G komersial berskala nasional yang pertama di dunia pada 3 April 2019. Peluncuran ini dilakukan KT setelah sukses memperagakan layanan uji coba 5G yang pertama di dunia dalam Olimpiade Musim Dingin PyeongChang pada Februari 2018.

Pencapaian tersebut kembali menjadi tonggak penting bagi KT yang selalu berupaya untuk menghadirkan berbagai produk dan layanan penting. KT ingin menjadi Perusahaan TIK nomor satu dan Perusahaan Pilihan Masyarakat.

Kini langkah ini dilakukan KT di tengah tren permintaan pusat data global yang diperkirakan melonjak pasca-COVID-19, acara ini digelar di kantor pusat KT di pusat kota Seoul, pada 4 Agustus 2020 lalu.

 

Head, Enterprise Business Development Unit, KT, Park Yoon-Young, menyebut dalam nota kesepahaman yang diteken pada minggu lalu itu, kedua pihak sepakat untuk mempromosikan bisnis pusat data dan proyek smart city KT di dunia.

Jelasnya, KT dan KIND juga akan berkolaborasi dalam sejumlah proyek pusat data bersama, pertukaran informasi bisnis, kemitraan publik-swasta, serta pengembangan bisnis dan konsultasi pendanaan.

"KT akan memanfaatkan berbagai pencapaian bisnisnya di pasar domestik guna merambah pasar dunia melalui kolaborasi dengan KIND," ujar Park Yoon-Young.

"Kemitraan yang terjalin akan membantu berbagai perusahaan Korea untuk memanfaatkan sumber daya TIK di luar negeri semudah di negeri asalnya," lanjutnya.

KT disebutkan kelak akan merancang berbagai pusat data dan merumuskan rencana bisnis, serta mengembangkan produk dan mengelola aktivitas bisnis.

Sementara, KIND akan mencari permintaan baru untuk pusat data melalui proyek-proyek di luar negeri. KIND juga akan berbagi informasi tersebut dengan KT, serta membantu operator telekomunikasi terbesar di Korea tersebut untuk menarik investasi.

 

"KIND merambah bisnis baru dalam sektor pusat data dengan meneken nota kesepahaman bersama KT," demikian dikatakan CEO, KIND, Hur Kyong-Goo.

"Lewat kolaborasi yang terjalin antara kedua pihak, kami akan membantu berbagai perusahaan asal Korea secara lebih efektif sehingga mereka mampu mewujudkan jangkauan global," lanjutnya.

Korea Overseas Infrastructure & Urban Development Corp., juga dikenal sebagai KIND, ialah perusahaan yang didanai pemerintah untuk membantu para pelaku bisnis asal Korea yang menggarap berbagai proyek investasi dan pembangunan di luar negeri.

KIND membantu kontrak-kontrak infrastruktur di luar negeri yang dikerjakan para pelaku bisnis tersebut. Lebih lagi, KIND menyediakan jasa informasi dan konsultasi, serta ikut menanamkan investasi dalam proyek kemitraan publik-swasta.**Jho


Redaksi
Komentar Via Facebook :