Jelang Kemarau, Pembangunan 3.000 Kanal Dikebut

Jelang Kemarau, Pembangunan 3.000 Kanal Dikebut

Line Pekanbaru - Kepolisian Daerah (Polda) Riau mempercepat pembangunan 3.000 sekat kanal di wilayah gambut jelang musim kemarau yang diprediksi datang pada Mei mendatang.

"Sekat kanal dibangun di kawasan gambut yang rawan terbakar," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, di Pekanbaru, Rabu (19/4).

Katanya, sekat kanal ampuh mencegah kebakaran lahan di lahan gambut meskipun di musim kemarau. Sekat kanal berfungsi menjaga kelembaban gambut agar tetap basah. Katanya, kebakaran hutan dan lahan di 2017 berhasil ditekan berkat sekat kanal.

Selain itu, Polda Riau juga menggenjarkan penegakan hukum bagi pelaku pembakaran lahan dan terus menyosialisasikan maklumat larangan membuka lahan dengan membakar pada masyarakat.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sugarin, memprediksi musim kemarau melanda wilayah Riau pada Mei mendatang. Tingkat kerawanan kebakaran hutan dan lahan cukup tinggi di gambut kering.

"Tujuh puluh persen daratan di Riau merupakan lahan gambut, sepekan saja tidak hujan gambut akan kering," tukasnya.

Menurutnya, kebakaran lahan terjadi diakibatkan kesengajaan. Karena itu, dia minta masyarakat tidak membuka lahan dengan cara bakar.**


 

Komentar Via Facebook :