Geger, Dua "Pocong" Jaga Desa di Purworejo Terkait Wabah Corona

Geger, Dua "Pocong" Jaga Desa di Purworejo Terkait Wabah Corona

Purworejo - Ada cara unik yang dilakukan oleh warga Purworejo untuk mencegah warganya bereliaran ditengah Isolasi Covid-19, seorang tokoh masyarakat Dusun Tuk Songo, Kelurahan/Kecamatan Purworejo, Angko Setiyarso Widodo (60) mengaku penampakan pocong tiruan ini berguna mengingatkan warga setelah kematian.

"Kita berharap dengan penampakan "Pocong" ini warga tidak keluar rumah dan ingat kematian," kata Angko Setiyarso Widodo.

Ini dilakukan oleh satu kampung di Kabupaten Purworejo mengisolasi wilayah dan dijaga pocong agar warganya terhindar dari virus Corona atau COVID-19. Sosok pocong 'diutus' berjaga agar warga ingat pada kematian.

"Jadi siapa saja yang ngeyel dan tidak bisa ikut mencegah penyebaran virus corona ini ya bisa saja akan dipocong alias mati," katanya, Senin (30/3/2020).

Terlihat sepasang sosok pocong berjaga di jalan masuk utama Dusun Tuk Songo, kedua pocong itu, sengaja disiagakan untuk mengawasi warga kampung atau luar kampung yang hendak keluar masuk wilayah tersebut.

"Bukan hantu, melainkan warga setempat yang menggunakan kostum seperti pocong," katanya.

Karena diisolasi, semua jalan masuk kampung ditutup dan warga hanya boleh melewati satu jalan yang dijaga oleh dua pocong itu.**


Wan Lebonk
Komentar Via Facebook :