Karhutla, Dengan Cepat Sijago Merah Lahap Hutan dan Lahan Seluas 10 Hektar

Karhutla, Dengan Cepat Sijago Merah Lahap Hutan dan Lahan Seluas 10 Hektar

polres-bengkalis-beserta-jajaran-padamkan-api

Bengkalis - Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto di lokasi Desa Titi Akar Kecamatan Rupat Utara yang sudah memasuki hari kelima api sudah berhasil di padamkan meskipun angin kencang cuaca panas, tim masih melakukan pendinginan di lokasilokasi. 

Seperti yang dilakukan Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto bersama jajarannya di beberapa titik karhutla yang terjadi di wilayah Kabupaten Bengkalis.Diantaranya di Bukit Kerikil dan juga di Desa Titi Akar Kecamatan Rupat Utara.Pihaknya dibantu Koramil, Polsek, Manggala AGNI, dari Perusahaan SRL dan juga dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis. Dan dibantu upaya pemadaman melalui udara atau water boombing dengan menggunakan helikopter berjibaku dalam upaya pemadaman karhutla seluas sekitar 10 hektar itu. Bukan itu saja Kapolres Bengkalis bersama jajarannya juga dengan ikhlas menginap di lokasi karhutla selama hampir 4 malam.

Jarak tempuh ke titik api tidak menjadi kendala. Setelah menempuh perjalanan laut kemudian dilanjutkan dengan menggunakan  motor sekitar 10 kilometer dan jalan kaki sejauh 2 kilometer tidak mengurungkan niat Kapolres dalam upaya pemadaman api hingga pendinginan. Dan bahkan kondisi cuaca kering dan tiupan angin kencang tetap memberi semangat dalam menghadapi tantangan.

Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto mengatakan jika pihaknya secara bersama telah berhasil memadamkan api dengan cara berjibaku.

"Alhamdulillah, walau saat ini sudah dalam kondisi pendinginan namun kita tetap berada di lokasi kebakaran bersama anggota dan juga TNI serta dibantu masyarakat. Agar tidak terjadi lagi kebakaran yang bisa semakin meluas lagi, " Ucap Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto (18/01/20). 

Lanjut Kapolres bahwa komitmen dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan, adalah dengan langsung turun ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman.

"Komitmen kita, sehingga langsung turun kelapangan untuk melakukan pemadaman dan bahkan  kita juga sudah tetapkan 3 tersangka pelaku pembakaran lahan dan hutan," Kata Kapolres  mengakui jika pihak nya menurunkan sekitar 50 personil ke lapangan, "tutupnya.

(Romi)


Arya S
Komentar Via Facebook :