4 Mamfaat Mandi Subuh Untuk Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Ketahui

4 Mamfaat Mandi Subuh Untuk Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Ketahui

olehgeogle

Kesehatan - Banyak orang yang takut mandi pagi karena udaranya yang masih sangat dingin. Beberapa dari kita mungkin akan membuat air panas agar air tidak terlalu dingin. Tapi, tahukah Anda bahwa mandi di pagi hari memberikan manfaat yang baik untuk Kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat mandi subuh untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mandi sebelum subuh ternyata dapat meningkatkan gerakan Limfatik yang merupakan gerakan sel darah putih untuk melawan berbagai virus dan infeksi di dalam tubuh. Jadi, sel darah putih dapat bekerja secara optimal apabila kita mandi di pagi hari. Jika kita rutin melakukannya, kadar sel darah putih dan kekebalan tubuh akan meningkat.

Produksi sel darah putih yang meningkat membuat daya tahan tubuh terhadap penyakit juga akan meningkat. Hal ini dikarenakan sel darah putih bertugas untuk melawan berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Tidak heran jika orang-orang yang biasa mandi pagi memiliki daya imun yang baik dan kuat.

2. Mengurangi Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan Penyakit Diabetes. Selain menghindari konsumsi makanan dan minuman yang manis, Anda juga bisa menjadikan mandi pagi sebagai kebiasaan yang baik untuk mengurangi kadar gula dalam darah sehingga risiko terkenanya penyakit diabetes bisa dikurangi.

Ketika mandi pada pagi hari atau subuh, akan terjadi proses detoksifikasi yang membuat gula darah menjadi lebih seimbang. Penggunaan air dengan suhu normal atau tidak menggunakan air panas justru akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mandi dengan air biasa saat hari masih subuh.

3. Meringankan Batuk

Bagi beberapa orang mungkin tidak biasa untuk mandi pagi, terlebih dengan suhu air dan udara yang masih dingin. Tak jarang dari mereka yang menuangkan air panas pada air yang akan digunakan untuk mandi. Padahal, mandi di pagi hari dengan air yang biasa akan memberikan manfaat, salah satunya Meringankan Batuk

Mungkin Anda akan merasa jengkel karena batuk yang tak kunjung reda. Selain mengobatinya dengan berbagai bahan alami atau obat batuk yang beredar di pasaran, Anda juga bisa mencoba mandi di pagi hari. Manfaat mandi subuh ini mampu menyingkirkan lendir dan dahak dalam hitungan menit.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Saat bangun tidur, mungkin Anda akan merasakan persendian yang kaku dan nyeri. Hal ini bisa terjadi karena sirkulasi darah yang kurang lancar. Apabila hal ini dibiarkan, maka bisa mengganggu mood Anda untuk mengawali hari. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan air hangat untuk mandi di pagi hari.

Dengan menggunakan air hangat ini, sirkulasi darah akan lebih lancar sehingga bisa mengatasi persendian yang kaku, Mengurangi Peradangan serta mampu  Merdekan Rasa Nyeri dan sakit yang biasa dialami setelah bangun tidur. Selain air hangat, dengan air dingin pun Anda juga bisa merasakan manfaat yang serupa.


Arya S
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT