Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid Resmi Jadi Danlantamal I Belawan

Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid Resmi Jadi Danlantamal I Belawan

Bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I Belawan, Medan, Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E, M.M. bertindak selaku Inspektur Upacara Pengambilan Sumpah, Penandatanganan Pakta Integritas Serah Terima Jabatan Danlantamal I dari Laksamana Pertama Ali Triswanto, S.E., M.Si., kepada Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K., S.E., M.M, Jumat (07/05/19)

Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si selanjutnya akan menjabat sebagai Kadisopslatal Mabesal yang sehari sebelumnya sudah diserahterimakan di Mabesal Jakarta. Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K. S.E., M.M., Danlantamal I yang baru merupakan putera  kelahiran Kab Sanjai pada 54 tahun silam. Sejak tahun 1988 berdinas di TNI Angkatan Laut (AL), ia telah menjalani sejumlah penugasan yang sebagian besar di bidang operasi. Di antaranya, sebagai Komandan sejumlah KRI di Wilayah Komando Armada I  dan II. Meliputi KRI Teuku Umar-385, KRI Pulau Rangsang-727 dan KRI Teluk Celukan Bawang-532.

Perwira menengah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 33 tahun 1988 ini, juga telah menempuh berbagai macam pendidikan, antara lain Seskoal Angkatan 39 TA.2001, Dikreg Sesko TNI Angkatan 38 TA. 2011dan Lemhanas RI (PPRA) Angkatan 52 Tahun 2014.

Dalam amanatnya Pangkoarmada I menyampaikan bahwa penyerahan tongkat Komando dan Dhuaja, merupakan simbol dari proses estafet kepemimpinan. Jabatan yang baru saja diserahterimakan merupakan jabatan pada Komando pelaksanaan dukungan di lingkungan Koarmada I, dengan tugas menyelanggarakan dukungan logistik dan administrasi unsur-unsur TNI Angkatan Laut, pembinaan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan keamanan Negara di bidang Maritim serta penegakan hukum di laut di wilayah kerjanya melalui patroli unsur. "Wilayah kerja Lantamal I sangat strategis, meliputi perbatasan wilayah barat Indonesia dan terdapat Choke Point bagi pelayaran Internasional serta dipandang sebagai jalur strategis bagi proyeksi Armada Laut Nasional dan Internasional melalui Selat Malaka yang merupakan Sea Lines Of Trade dan Sea Lines Of Communication.

Dengan strategisnya wilayah kerja ini, menjadi tantangan tersendiri bagi pemegang Komando di Lantamal I. Situasi dan kondisi di perairan ini akan berdampak pada stabilitas keamanan Nasional dan Internasional, Security dan Prosperity merupakan bagian yang tak terpisahkan . Dimana kepercayaan dunia terhadap Indonesia akan tumbuh seiring dengan situasi keamanan perairan Yurisdiksi Nasional yang kondusif.

"Kepada seluruh Prajurit Lantamal I, saya instruksikan untuk mendukung sepenuhnya terhadap pelaksanaan tugas Komandan Lantamal I yang baru, dan laksanakan tugas dengan baik dengan penuh rasa tanggung jawab," tegas Pangarmada I

Upacara yang juga dihadiri Pangdam I/BB, Para Danlantamal I, Danguspurla Koarmada I Wakapoldasu, Kabindasu, Pangkosekhanudnas III, Danlanud Soewondo Medan, serta jajaran TNI/Polri Wilayah Sumatera Utara serta Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal I berlangsung khidmat dan lancar.*RLs


Jon Kenedi. S.Chan
Komentar Via Facebook :