Danlanud Silas Papare Ajak Tokoh Adat dan Masyarakat Papua Bergandengan Tangan

Danlanud Silas Papare Ajak Tokoh Adat dan Masyarakat Papua Bergandengan Tangan

Jayapura - Komandan Lanud (Danlanud) Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi melakukan silaturahmi bersama tokoh masyarakat dan tokoh adat, Kamis (20/5/2021) di Abepura, Jayapura. Silaturahmi tersebut mengambil tema "Perkembangan globalisasi dan politik di Obhe Warke Tanah Hitam".

Dalam kesempatan tersebut, Danlanud Silas Papare, menyampaikan bahwa modernisasi yang dilakukan di Papua adalah konsep modernisasi yang tetap menjaga dan menghormati kearifan lokal. Dalam setiap pembangunan ekonomi oleh pihak swasta, tambah Danlanud, diharapkan akan memberdayakan potensi masyarakat tempatan.

"Dengan membuka peluang kerja bagi masyarakat tempatan, maka, mereka akan belajar meningkatkan skill dan pengetahuan dalam bekerja, sehingga masyarakat nantinya dapat mengembangkan diri, dan mampu mandiri serta berperan aktif dalam pembangunan ekonomi di Papua," ujar Danlanud.

Ke depan, kata Danlanud, dirinya akan menggagas pertemuan-pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Papua dapat dilaksanakan di Obhe-obhe. "Hal ini kami rasa penting untuk mendengar suara hati dari tokoh masyarakat, sehingga kami sebagai pejabat makin mengerti keinginan masyarakat untuk menyatukan visi dalam membangun Papua," tambahnya.

"Bukan kemewahan yang terpenting, namun, nilai-nilai adat dan budaya yang hidup di dalam masyarkat harus kita hormati, sehingga Obhe seperti ini tidak sebatas untuk diskusi, namun sebagai media komunikasi diantara Pemerintah dan Rakyat,"urainya.Photo Bersama Danlanud dan Tokoh Masyarakat Usai Acara Silaturahmi

Danlanud menambahkan bahwa setiap penerimaan anggota TNI Angkatan Udara baik Perwira, Bintara dan Tamtama, selalu mengakomodir anak-naka dari keluarga asli Papua. "Jadi, nanti jika ada keluarga, anak atau cucu yang berkeinginan untuk menjadi anggota TNI AU agar dikomunikasikan kepada kami, agar kami rekomendasikan,"cetus Danlanud.

Pada kesempatan yang sama, mantan Walikota Jayapura Manase Robert Kambu, menyebut, bahwa, adalah tugas pemerintah membantu masyarakat, supaya mereka bergerak di sektor informal, di sektor swasta, agar potensi yang ada di sekitarnya dapat dikelola dengan baik.

Dalam keterangannya kepada media, Pen Lanud Silas Papare, menyebut, dalam kegiatan tersebut hadir pula petinggi Lanud Silas Papare, antara lain, Kadisops Lanud SPR Kolonel Nav Endra Prasetiawan, Kadislog Lanud SPR Kolonel Kal David Alwi, Kabinpotdirga Lanud SPR Letkol Sus Frans Rohrohmana, S.Th, Pekas Lanud SPR Letkol Adm Tulus Mujiono, Kapen Lanud SPR Mayor Sus R. Rindar Noor A., S.Sos,.

Selain itu, hadir juga para tokoh adat dan tokoh masyarakat, seperti, Ketua LMA Provinsi Papua George Awie, Tokoh Adat Papua Taha Alhamid, Ketua DAP Leo Imbiri, Ketua Klasis GKI Papua Port Numbay Pendeta Karlos Mano, Ketua KKSS Provinsi Papua Dr. H. Mansur, SH., MM, Ketua Pemuda Port Numbay Rudi Mebri, Sekretaris LMA Provinis Papua Edy Ohoi Wutun, Ketua Himpunan Jawa-Madura H. Sarminanto.**


 

Batara Harahap
Komentar Via Facebook :