Orb Media Piawai dan Teruji Bermitra Terbitkan Berita Tentang Mortalitas Anak di 160 Negara

Orb Media Piawai dan Teruji Bermitra Terbitkan Berita Tentang Mortalitas Anak di 160 Negara

Washington - Laporan dan analisis data Orb Media terbaru tentang mortalitas anak di 160 negara menunjukkan peran penting dan jangkauan tenaga kesehatan masyarakat (Nakesmas) dalam kesehatan publik.

Orb Media merasa bangga menerbitkan kisah tersebut bersama para anggota Orb Media Network, sekelompok media penentu agenda publik yang menjangkau ratusan juta orang di seluruh dunia, termasuk  BBC, CBC, Die Zeit, SVT, Tempo.co, YLE, Dhaka Tribune, okeline.com Folha de S.Paulo, The Hindu, Jagran New Media, The Express Tribune, dan lain-lain.

Tentang Orb Media, dimana kini menyajikan berbagai analisis global tentang upaya dunia untuk menciptakan masa depan yang lebih lestari.

"Kami memanfaatkan teknik jurnalistik, analisis data, dan jaringan guna mengubah isu-isu global dalam jangka panjang serta pelestarian alam hingga menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti di tingkat lokal".

Model global yang baru mengemukakan sejumlah alternatif mengejutkan Model statistik Orb Media membandingkan tingkat mortalitas anak yang aktual vs tingkat mortalitas "yang ditargetkan".

Perbandingan ini disusun berdasarkan sejumlah aspek infrastruktur finansial dan kesehatan.

Dengan mengkaji praktik-praktik yang dijalankan di sejumlah negara yang menjadi anomali (outlier), Orb mengidentifikasi peran global yang diemban nakesmas dalam mewujudkan masyarakat yang lebih setara dan sehat.

 

Nakesmas sebagai dukungan kesehatan yang kurang diperhatikan

Nakesmas ialah orang-orang dari komunitas lokal yang ditugaskan sejumlah anggota masyarakat, pemerintah, lembaga nirlaba, dan/atau lembaga nonpemerintah untuk membantu kelompok yang belum terjangkau oleh layanan kesehatan. Dalam waktu singkat, nakesmas dapat dikerahkan guna memenuhi berbagai kebutuhan masyakarat yang paling mendesak. Mereka juga sangat efektif untuk menjangkau golongan prasejahtera. 

Penugasan fleksibel di tengah COVID-19

Riset Orb Media menunjukkan nakesmas mampu beradaptasi dan pi awai dalam menyediakan layanan kesehatan mental dan pola hidup se hat. Riset ini juga mendorong pembahasan tentang cara-cara terbaik un tuk menugaskan nakesmas agar pandemi COVID-19 dapat ditangani secara efektif.

Layanan kesehatan yang penting bagi golongan prasejahtera
Nakesmas memiliki keunggulan sebab mereka berasal dari komunitas yang dilayaninya. Mereka sangat piawai dalam memahami sejumlah tantangan yang dihadapi pasien.

Lebih lagi, mereka bisa mendengarkan dan mengedukasi masyarakat dengan konteks yang tepat, bahkan lebih baik ketimbang para pakar dari luar komunitas mereka.

Program-program ini menjadi peluang untuk mengerahkan dan meningkatkan layanan kesehatan masyarakat bagi golongan prasejahtera, seperti komunitas imigran dan pekerja migran, terutama di sejumlah negara yang masih memiliki kesenjangan dalam sistem layanan kesehatannya.

Silakan membaca laporan selengkapnya di Orbmedia.org.


Redaksi
Komentar Via Facebook :