Kalau HM Harris Lalai, Sebentar Lagi Pelalawan Akan Aktif Jadi Penyubang Asap di Riau

Kalau HM Harris Lalai, Sebentar Lagi Pelalawan Akan Aktif Jadi Penyubang Asap di Riau

Pelalawan - Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, titik panas atau hotspot di provinsi Riau hari kembali terpantau, Jumat (22/5/20).

32 titik panas di Riau tersebar di 8 wilayah terbanyak di Pelalawan yakni mencapai 13 titik. namun kabar bagusnya dari 32 titik tersebut tidak ada yang mencapai level confidence 80 persen atau diduga sebagai titik api.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawaddah dihubngi wartawan mengaku ada kenaikan hotspot ini. "Hari ini ada 32 titik dan tersebar di 8 wilayah," ujarnya Rabu. 

32 hotspot tersebut, Pelalawan 13 titik, di Bengkalis 6 titik, Indragiri Hilir dan Siak masing-masing 4 titik, Kepulauan Meranti 2 titik. Sementara di Kampar, Rokan Hulu dan Indragiri Hulu masing-masing satu titik.

"BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," kata Yudhistira.

Sementara pemerhati lingkungan Mattheus. S mengaku dengan terbanyaknya titik api di Pelalawan dipekirakan penyumbang asap terbanyak itu adalah daerah kekuasaan HM Harris.

"Itu kalau sempat apinya membesar, jadi saya himbau Bupati Pelalawan HM Harris agar melakukan upaya agar api jangan muncul. Karena kalau tidak sebentar lagi Pelalawan akan menyumbang asap terbanyak di Riau," kata Mattheus.**

 


Nelpa A.Md
Komentar Via Facebook :