ODP Melonjak, Pemkab Bengkalis Siapkan Ruang Tambahan Isolasi Covid 19

ODP Melonjak, Pemkab Bengkalis Siapkan Ruang Tambahan Isolasi Covid 19

Bengkalis – Dengan mingkat tajamnya Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Bengkalis Pemkab Bengkalis mencadangkan gedung Puskesmas Meskom untuk penampung Positif Corona.

Bersama Kadis Kesehatan Ersan Saputra TH, sejumlah anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bengkalis, Sekretaris Kecamatan Bengkalis Rafly Kurniawan dan Kepala Desa Meskom Usman, Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Bengkalis meninjau gedung Puskesmas Meskom tersebut.

"Gedung Puskesmas Meskom yang dibangun dengan Dana Alokasi Khusus itu, mampu menampung PDP antara 15-20 orang," kata Bustami HY menjelaskan.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Bengkalis dikabarkan pemerintah terus bertambah jumlahnya Minggu (29/3/20) lebih dari 1.796 orang.

Sementara hari ini, Sabtu, 28 Maret 2020, tidak kurang dari 100 warga Kecamatan Bengkalis dan Bantan yang bekerja di negara terjangkit Malaysia kembali ke kampung halamannya. Ini semua termasuk ODP Pemkab Bengkalis.

Tenaga keja luar negeri itu di kedua kecamatan otomatis terkategori ODP Covid 19 kembali melalui pelabuhan Bandar Sri Laksamana, Bengkalis jelas meningkat. Meskipun tentu tak diharapkan, peningkatan ODP ini bisa menyebabkan adanya peningkatan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Jika PDP nantinya bertambah, sementara ruang isolasi yang ada di RSUD Bengkalis sudah penuh semua, tentu diperlukan tambahan ruangan.

Mengantisipasi kemungkinan itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah menyiapkan gedung Puskesmas Meskom yang saat ini belum difungsikan, akan dijadikan ruang isolasi.**


Wan Lebonk
Komentar Via Facebook :