Ribuan ODP Corona Bengkalis Berasal dari Negara Tetangga

Ribuan ODP Corona Bengkalis Berasal dari Negara Tetangga

Bengkalis – Sejumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Bengkalis dari 17 sampai pukul 11.30 WIB, Rabu, 25 Maret 2020, lalu saja sudah berjumlah 1.357 orang. Dari 1.357 ODP tersebut, 123 orang atau 9,06 persen merupakan ODP dengan gejala dari daerah/negara terjangkit.

Namun kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Bengkalis, Ersan Saputra TH., dari 18 Puskesmas di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan, 4 diantaranya (di wilayah kerjanya), nihil ODP.

"Sisanya 1.234 orang atau 90,94 persen merupakan ODP tanpa gejala dari daerah/negara terjangkit. Puskesmas Pematang Pudu, Pinggir, Muara Basung, dan Balai Makam," rinci Ersan.

Ersan yang juga Koordinator Bidang Teknis Pencegahan dan Pengendalian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Bengkalis, berharap seluruh masyarakat di daerah tidak panik dengan besarnya angka ODP tersebut. Semua harus tetap tenang.

Di beberapa wilayah Puskesmas, sambungnya, memang terdapat ODP, tapi bukan ODP dengan gejala dari daerah/negara terjangkit, seperti di wilayah Puskesmas Sadar Jaya (Kecamatan Siak Kecil) dan Puskesmas Duri Kota (Mandau). Masing-masing ODP tanpa gejala dari daerah/negara terjangkit di wilayah kedua Puskesmas itu, 9 dan 4 orang.

Di bagian lain Ersan mengatakan, saat ini (hingga pukul 11.30 WIB), ada 255 ODP yang diisolasi (karantina) di tiga lokasi yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, terdiri dari 232 laki-laki dan 23 perempuan.

Untuk Badan Diklat Desa Kelapapati, katanya, ada 119 ODP yang dikarantina di sana, terdiri dari 111 laki-laki da 8 perempuan. Kemudian, di Wisma Atlit jalan HR. Soebrantas Ujung Desa Wonosari ada 79 ODP yang kesemuanya laki-laki.

Sedagkan di BLK jalan Pramuka, katanya ada sebanyak 57 orang. 42 laki-laki dan 15 perempuan, dan mengenai jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Ersan mengatakan, ada 6 orang.

"Semuanya dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkalis. Sedangkan di dua RS rujukan lainnya (RSUD Mandau dan RS Permata Hati Duri), nihil PDP," katanya.**


Nelpa A.Md
Komentar Via Facebook :