Kepala Bakamla RI Pimpin Uji Coba RHIB

Kepala Bakamla RI Pimpin Uji Coba RHIB

BakamlaRI

Jakarta - Kepala Bakamla RI / Penjaga Pantai Indonesia (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R, uji coba laut (percobaan laut) terhadap kapal patroli RHIB yang baru selesai diperbaiki, di Pantai Utara Pluit Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (18/11/19). 

Perbaikan kapal patroli ini dilakukan melihat kondisi teknis 8 unit RHIB yang tidak memungkinkan untuk menjalankan tugas-tugas pengangkutan Indonesia. Berdasarkan jumlah RHIB yang diperbaiki adalah RHIB-602, RHIB-604, RHIB-605, RHIB-606, RHIB-607, RHIB-608, RHIB-609 dan RHIB-610.

Kepala Biro Sarpras Bakamla RI Laksma Bakamla Amrien dalam paparannya mengatakan, perbaikan yang dilakukan terhadap 8 unit RHIB tersebut diatas perlu perbaikan badan kapal (pelapisan fiber, pelapisan hypallon) dan pembuatan lambung kapal, mesin 8 RHIB, mesin pencari, alat bantu, labuh tambat, beli aksesoris RHIB, dan pengadaan serta pemasangan alat keselamatan.

Kepala Bakamla RI dalam arahannya mengatakan, 8 unit RHIB ini harus digunakan oleh Bakamla RI sendiri, tidak lagi ditempatkan pada pemangku kepentingan, segera laksanakan dispersi sesuai dengan lokasi yang sudah ditentukan.

Kapal RHIB bertolak dari dermaga Pantai Mutiara Pluit Penjaringan untuk melaksankan uji coba laut. Kegiatan uji coba laut ini mendukung untuk mengecek kesiapan dan kelayakan kapal patroli RHIB milik Bakamla RI, sekaligus untuk melengkapi kekuatan Bakamla RI dalam mengemban tugasnya melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah hubungan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia. 

Selama kurang lebih 30 menit kapal patroli RHIB dicoba dengan pengecekan performa mesin, kemudian pengujian kecepatan dan manuver seperti zig-zag test dan spiral test.

Turut mendampingi Kepala Bakamla RI dalam kegiatan uji coba laut ini antara lain: Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksda Bakamla TSNB Hutabarat, MMS, Kepala Biro Sarpras Laksma Bakamla Amrein, SE, Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Nursyawal Embun, Direktur Latihan Laksma Bakamla Yeheskiel Katiandagho, SE, MM, Kepala Biro Perencanaan Laksma Bakamla Eko Jokowiyono, SE, M.Si, Direktur Litbang Laksma Bakamla Ir. Gunawan, ST, M.Tr. (Han). Kepala Unit Layanan Pengadaan Kolonel Bakamla Ferry Jo, ST, Kabag Logistik Sapras Kolonel Bakamla Andi Kriswanto, serta Kabag Distribusi dan Pemeliharaan Sarpras Kolonel Bakamla Ir. Heri Kustono.


Arya S
Komentar Via Facebook :