Bahan Pokok Naik. Harga Bawang Merah Tembus RP.35.000/KG

Bahan Pokok Naik. Harga Bawang Merah Tembus RP.35.000/KG

cabai_bawang_merah

Ekonomi Bisnis - Harga bawang merah tembus di kisaran Rp33 ribu Rp 35 ribu per Kilogram (Kg). Harga ini naik sekitar Rp5.000-Rp7.000 per Kg dalam sepekan.

Padahal, berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga bawang merah masuk tren penurunan.

Di Pasar Ciputat dan Pasar Palmerah, pedagang mengeluhkan lonjakan harga bawang merah dalam sepekan terakhir. Sugih (66 tahun), salah satunya. Pedagang di Pasar Palmerah ini mengaku menjual bawang merah seharga Rp33 ribu per Kg.

"Harga bawang merah naiknya nggak wajar. Jadi, kurang laku. Mungkin, stoknya lagi kurang karena musim kemarau," keluh Sugih, Selasa (12/11/19).

Pedagang lain di Pasar Palmerah, Ernawati (39 tahun), juga mengeluhkan hal yang sama. Bahkan, Ernawati memasang harga yang lebih tinggi untuk bawang merah jualannya, yakni Rp35 ribu per Kg.

"Bawang merah, saya jual Rp35 ribu per Kg, tadinya Rp27 ribuan. Kalau bawang putih masih segitu saja Rp28 ribu per Kg, nggak naik," katanya.

Tidak hanya di Pasar Palmerah, Subagio (47 tahun), pedagang Pasar Ciputat, Jakarta Selatan juga turut menaikkan harga bawang merah menjadi Rp33 ribu per Kg dalam sepekan terakhir.

Dengan lonjakan harga tersebut, para pedagang mengaku sulit untuk menjual bawang merah. Mereka berharap pemerintah dapat menstabilkan harga dalam waktu dekat.

"Kalau bisa jangan besar begini naiknya (harga bawang merah), kasihan yang beli. Saya juga jadi susah jualnya. Tapi jangan kemurahan juga, kasihan petani," kata Subagio.

Selain bawang merah, harga beberapa jenis cabai juga naik di kedua pasar. Namun, pedagang di kedua pasar mengaku tidak keberatan, karena kenaikannya relatif tidak terlalu besar dibandingkan kenaikan bawang merah.

Berdasarkan Informasi yang dutip dari CNNIndonesia.com, pedagang sayur di Pasar Palmerah, mematok harga cabai rawit merah senilai Rp50 ribu per Kg, harga tersebut hanya naik Rp2 ribu dibandingkan pekan lalu.

Cabai rawit hijau pun dijual seharga Rp39 ribu per Kg, dengan kenaikan harga Rp1.000 dalam sepekan. Sementara, cabai keriting merah dijual dengan harga Rp42 ribu per Kg, naik Rp1.000 dalam sepekan terakhir.

Untuk cabai besar merah, dikenakan harga Rp40 ribu per Kg, dengan kenaikan Rp2 ribu. "Semua (harga cabai) naik. Cabai hijau besar saja nggak naik. Masih di Rp33 ribu per Kg," ungkap Ernawati.

Selanjutnya, harga cabai di Pasar Ciputat juga terpantau naik tipis. Harga cabai rawit merah dipatok seharga Rp49 ribu per Kg, naik Rp1.000 dari harga sebelumnya.


Arya S
Komentar Via Facebook :