Bermain Imbang dengan Korea Utara. Indonesia U19 Memastikan Diri Lolos Ke Putaran Final Piala Asia 2

Bermain Imbang dengan Korea Utara. Indonesia U19 Memastikan Diri Lolos Ke Putaran Final Piala Asia 2

timnas_indonesiau19

Olahraga - Garuda Muda, Timnas U-19 Indonesia sukses mengunci satu tikat ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Kepastian itu didapat setelah Indonesia meraih satu poin dari laga terakhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 melawan Korea Utara, Minggu (10/11/19). 

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Indonesia dan Korea Utara mengakhiri laga dengan skor 1-1. Pada laga tersebut, Korea Utara unggul terlebih dahulu pada menit ke-40 lewat gol Kim Kwang Chong. 

Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan pada babak kedua tepatnya menit ke-61 lewat eksekusi penalti Amiruddin Bagus Kahfi.

Tambahan satu poin membuat Indonesia lolos ke Piala Asia U-19 2020 dengan status juara Grup K. Indonesia memimpin dengan koleksi tujuh poin dan unggul dua angka atas Korea Utara yang menempati peringkat dua. 

Korea Utara masih berpeluang lolos lewat jalur runner-up terbaik. Korea Utara harus bersaing dengan 10 tim lain untuk mengisi empat tempat runner-up terbaik.

Laga ini berjalan dengan tempo sedang cenderung lambat pada awal babak pertama. Setelah laga berjalan 10 menit, Indonesia terlihat lebih nyaman bermain. 

Fajar Fathur di sayap kiri dan Bagus Kahfi di sisi kanan menjadi dua pemain Indonesia yang paling aktif dan sering mengancam Korea Utara. 

Di sisi lain, Korea Utara terlihat kesulitan menembus pertahanan Indonesia. Pada menit ke-37, Korea Utara baru mendapatkan peluang emas pertama. 

Beruntung bagi Indonesia tembakan Ri Jo Guk dari dalam kotak penalti melebar ke sisi kiri gawang Ernando. Korea Utara yang lebih banyak bermain menunggu mengejutkan Indonesia pada menit ke-40. 

Kapten Korea Utara, Kim Kwang Chon, mencetak gol indah lewat tendangan keras kaki kanan dari luar kotak penalti. Skor 1-0 untuk Korea Utara bertahan hingga turun minum.

Sadar timnya butuh gol, Fakhri Husaini langsung memasukkan Supriadi pada awal babak kedua. Dalam keadaan tertinggal Indonesia menaikkan tempo permainan. 
Masuknya Supriadi benar-benar menambah daya gedor Indonesia. Hanya saja, Indonesia terlihat terburu-buru dalam menyerang.e Pada menit ke-61, seisi SUGBK bergemuruh menyambut gol Bagus Kahfi dari titik penalti. 

Bagus Kahfi dengan tenang mengecoh kiper Sin Kwang Guk dengan tembakan mendatar ke sisi kanan gawang. Sebelumnya, Indonsia mendapat hadiah penalti setelah Bagus Kahfi yang melakukan akselerasi dijatuhkan oleh Chae Yu Song. 

Seusai gol ini, Indonesia semakin gencar menyerang. Sementara itu, Korea Utara juga tidak mau kalah dan bermain lebih terbuka. Memasuki 10 menit akhir waktu normal, Indonesia memilih menurunkan tempo guna mempertahankan hasil imbang.  
Tidak ada gol tamabahan tercipta, skor 1-1 menjadi hasil akhir pertandingan.**


Harlis Sang Putra

Komentar Via Facebook :