SMA Malu Menumpang UNBK di SMK

SMA Malu Menumpang UNBK di SMK

Line Pekanbaru - Sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Pekanbaru lebih memilih Ujian Nasional Kertas Pinsil (UNKP) ketimbang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) namun harus menumpang di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Hal ini menjadi keprihatikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Kamsol, seusai meninjau pelaksanaan UN di sejumlah SMA dan Madrasah Aliyah (MA) di Pekanbaru. "Saat meninjau di SMAN 3 Pekanbaru, saya tanya kenapa masih manual (UNKP, red), sementara di dekatnya ada SMK yang bisa melaksanakan UNBK," kata Kamsol di ruang kerjanya, Senin (10/4).

Kamsol menambahkan alasan SMA tidak mau menumpang UNBK di SMK sangat tidak logis. "Mereka menyebut faktor sosial yang menjadi pertimbangan. Saya jadi heran. Padahal, SMK baru saja melaksanakan UNBK," katanya.

Meskipun begitu, kata Kamsol, pelaksanaan UN SMA/MA hari pertama kemarin di seluruh kabupaten/kota se-Riau berjalan lancar. Sampai sore kemarin, Kamsol tidak menerima laporan pelaksanaan UN yang terkendala.

"Kita harapkan pelaksanaan UN SMA, SMK, dan MA tahun ini berjalan dengan lancar dan tingkat kelulusan bisa 100 persen," harap Kamsol.


 

Komentar Via Facebook :