Wujudkan Visi, Riau Butuh SDM Kebudayaan

Wujudkan Visi, Riau Butuh SDM Kebudayaan

Line Pekanbaru - Visi Riau 2020 sebagai pusat kebudayaan Melayu se-Asia Tenggara hanya bisa terwujud membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keahlian di bidang kebudayaan. Selain itu, pendanaan juga jadi faktor penentu.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Hilman Farid, usai uji publik Rancangan Undang-undang (RUU) Pemajuan Kebudayaan di Gedung Lancang Kuning, Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, Kamis (6/4).

"Tadi? Pak Kadis Kebudayaan Riau sudah menyampaikan ke saya soal rencana besar ingin mewujudkan Riau sebagai pusat kebudayaan Melayu di Asia Tenggara," kata Farid.

Menurutnya, untuk mewujudkan Visi Riau 2020 harus ada beberapa langkah yang disiapkan Pemprov Riau, di antaranya penguatan kelembagaan. "Memang Riau sudah memiliki dinas kebudayaan, tapi kalau lembaganya terbatas, cukup ?sulit kita membayangkan program itu bisa tercapai," kata Farid.

Langkah selanjutnya adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai keahlian dan kecakapan tentang kebudayaan. "Kalau lembaga dan SDM-nya sudah lengkap, tentu yang terpenting semuanya harus mendapat dukungan finansial cukup. Karena percuma saja semua bergerak kalau tidak ada finansial," katanya.

"Saya kira poin itu yang harus disiapkan dulu. Setelah semuanya sudah tersedia, baru Pemprov Riau bisa membuat program-program ke depan," tambahnya. **


 

Komentar Via Facebook :