Mamfaat Jitu Santan Kelapa Untuk Rambut

Mamfaat Jitu Santan Kelapa Untuk Rambut

olehgeogle

Kesehatan - Susu kelapa atau Santan umum digunakan sebagai salah satu bahan masakan. Namun, ragam manfaatnya ternyata juga bisa menyehatkan Rambut.

Manfaat cairan yang diekstrak langsung dari daging kelapa untuk kesehatan dan kecantikan diketahui dari sejumlah penelitian.

Santan diketahui dapat mengembalikan kelembapan serta membuat rambut lebih kuat. Penata rambut, Paul Labrecque mengatakan, santan bersifat restoratif atau memberikan kekuatan baru. Asam lemak alami dalam kelapa dapat membantu menumbuhkan dan menjaga rambut tetap sehat.

Melansir Healthline, santan memiliki kandungan asam larut yang mampu menembus rambut dengan mudah dan membantu memperkuat kutikula. Protein tinggi pada santan jadi salah satu faktor penting yang memperkuat batang rambut.

Selain itu, santan juga kaya vitamin C, E, B1, B3, B5, dan B6. Deretan vitamin itu menyehatkan, menguatkan, dan melembapkan rambut. 

Santan juga diketahui mampu mengatasi rambut rontok, rambut kering, dan menghilangkan ketombe.

Agar lebih maksimal, banyak orang mencampurkannya dengan alpukat dan beberapa bahan lain untuk digunakan sebagai masker. 

"Untuk perawatan, Anda bisa mengaplikasikannya langsung pada rambut dan mendiamkannya selama 20 menit sebelum dibilas dengan sampo," ujar Labrecque, mengutip Well and Good.

Jika memerlukan sedikit bantuan ekstra untuk melawan rambut kusut di musim panas, Anda juga bisa menggunakannya sebagai kondisioner. 

"Santai juga bisa digunakan untuk membantu helai rambut yang tidak keriting. Campurkan sedikit santan dan jus lemon lalu oleskan," tambah Labrecque.

Tak hanya masker dan kondisioner rambut, santan juga bisa digunakan untuk perawatan kulit kepala yang terkelupas. Santan juga bisa diminum untuk mendapatkan nutrisi dari dalam.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati terhadap efek samping yang ditimbulkan. Susu kelapa akan menyebabkan ruam jika kulit Anda sensitif terhadap partikel pembentuk susu kelapa.

Selain itu, santan juga kurang cocok untuk Anda dengan kulit kepala dan rambut berminyak. Kandungan lemaknya yang tinggi membuat santan cenderung berminyak.


Arya S
Komentar Via Facebook :