Antisipasi Karlahut di Pelalawan

Danramil 03/Bunut Pantau Kanal di Areal Rawan Kebakaran Lahan

Danramil 03/Bunut Pantau Kanal di Areal Rawan Kebakaran Lahan

Komandan TNI di Pelalawan yang satu ini memang dinilai warga sangat gigih dalam menjalankan amanah, karena untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di wilayahnya dia terus turun langsung kelapangan bersama team terpadu didampingi Babinsa.

Hal ini dilakukan senior TNI di Pelalawan ini dalam rangka mengantisipasi dan mencegah terjadinya karlahut serta sebagi bentuk upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Pelalawan dan sekitarnya.

Dia adalah Danramil 03/Bunut Kapten Inf E. Sihotang terpantau yang turun langsung kelapangan bersama team terpadu Babinsa, MPA, Safty Fire PT Rapp untuk mengecek langsung kondisi areal yang saat ini dikhawatirkan rawan terbakar.

"Khususnya di wilayah perkebunan masyarakat desa Delik dan desa Lalang Kabung dan sekitarnya," kata dia.

Abdi rakyat yang dikenal warga dengan panggilan Opung Maria Sihotang ini mengaku dari hasil pengamatannya dan patroli dilapangan diindikasikannya adanya beberapa areal yang saat ini rawan terjadi kebakaran apabila musim kemarau berlanjut. 

"Yang terindikasi rawan Karlahut itu ada dibeberapa desa di Pelalawan, kita akan upayakan semampu kita untuk mengantisipasi kebakaran dilahan tersebut, bahkan sejumlah spanduk himbauan agar tidak membakar lahan sudah dipasang disejumlah titik," katanya. 

Selain mengingatkan warga juga Danramil mengingatkan team terpadu agar tetap memantau dan melaksankan patroli dan sosialisasi karlahut kepada warga agar tidak membakar/menghidupkan api dalam pengolahan lahan maupun kebun.

"Karna hal itu dapat memicu terjadinya kebakaran yg berdampak lebih luas apalagi areal tersebut merupakan gambut kering," harapnya.

Patroli dan sosialisasi karlahut akan tetap kita laksanakan setiap hari secara bersama sama dengan pihak terkait utk menekan timbulnya kebakaran lahan dan hutan terutama menjelang dilaksanakan nya pembukaan TMMD ke 105 tangal 11 juli 2019 di wilayah Kodim 0313/Kampar.

"Doakan kami ya semoga warga sadar dan tidak membuang puntung rokok atau membakar lahan sembarangan," pungkasnya.**

Dion Tri Septian
Komentar Via Facebook :