Tangkap Penyebar Hoax

Saksi PKS Sakit di Viralkan, Faktanya Bohong

Saksi PKS Sakit di Viralkan, Faktanya Bohong

Pekanbaru - Unggahan video Hatta Zailiyus ini sempat menjadi saksi pemungutan suara di Bina Widya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru sempat viral karena beredar luas di media sosial itu berupa video kondisi Hatta saat dirawat di rumah sakit.

Usai pemilu, Hatta dirujuk ke RSUD Arifin Achmad (AA) Pekanbaru karena sakit. Kabar sakitnya Hatta, viral di media sosial karena minum sianida setelah menadi saksi di TPS.

Muncul narasi negatif saksi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang disebarluaskan oleh warganet soal penyebab sakitnya Hatta dikaitkan dengan tewasnya ratusan KPPS dan pemilu yang curang.

Dalam video berdurasi 37 detik yang viral itu, Hatta tampak terbaring dan meronta. Sementara kedua tangannya diikat ke ranjang.

Penyebar video juga menyertakan keterangan bahwa saksi PKS tersebut bernama Hatta. "Hatta mulai sakit kurang lebih 7 hari habis pemilu. Mulai gelisah, gak bisa tidur, sama banyak bicara yang aneh. Kemaren malam udah coba di rukyah sekali, tapi belum ada perubahan," bunyi keterangan pada video itu.

Narasi yang beredar di media sosial menyangsikan apabila Hatta disebut sakit karena kelelahan. Bahkan, beberapa warganet menyebut Hatta keracunan sianida (cyanide).

Seperti yang diunggah akun Facebook atas nama Siddiq dan akun Twitter @dektampu. Dalam unggahannya, ditambahkan narasi sebagai berikut:

Postingan ini diklarifikasi ternyata semua bohong, hal ini terungkap setelah dilakukan penelusuran oleh Levy Abubakar Madila Nasution, salah satu relawan Masayarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) diketahui bahwa sakit lupus yang dialami Hatta sudah sejak setahun lalu, kembali kambuh.**

Dion Tri Septian
Komentar Via Facebook :