Huawei Wujudkan 5,5G Menjadi Pencapaian Penting Menuju "Intelligent World"

Huawei Wujudkan 5,5G Menjadi Pencapaian Penting Menuju "Intelligent World"

Bangkok - Sesi "Striding Towards the Intelligent World Summit" di ajang HUAWEI CONNECT 2022 telah ditutup dengan sukses hari ini, Kamis (22/9/22). David Wang, Executive Director, Board and Chairman, ICT Infrastructure Managing Board, Huawei, menyampaikan paparan berjudul Embracing the 5.5G Era: Striding Towards the Intelligent World di sesi ini.

Dalam paparannya, dia menekankan, 5,5G menjadi pencapaian penting menuju intelligent world. Dia juga meluncurkan laporan resmi (white paper) terbaru Huawei tentang intelligent world. Wang pun mendorong industri TIK agar melakukan koordinasi dalam delapan langkah menurut visi tersebut. Lewat kolaborasi yang terus merumuskan dan menyempurnakan visi dan standar industri tentang era 5,5G, industri akan bergerak lebih cepat menuju era 5,5G dan intelligent world. 

Pada masa depan, berbagai individu, rumah tangga, dan industri memiliki standar yang lebih tinggi untuk infrastruktur digital.

Lebih lanjut, menurut Wang, mengatakan bagi individu, layanan menarik seperti XR dan komunikasi holografis semakin berkembang baik, dan kecepatan konektivitas segara meningkat dari 1 Gbit/s menjadi 10 Gbit/s. DOU seluler juga akan melesat dari angka saat ini yang mencapai 15 GB menjadi 100 GB. Standar latensi dan konektivitas ubiquitous juga akan bertambah.

Sedangkan bagi rumah tangga, tingkat permintaan dari layanan canggih seperti gim 24K 3D VR, serta kegiatan belajar dan pertemuan dengan teknologi holografis menciptakan era full-fiber dengan kecepatan 10 Gbit/s.

Bagi industri, transformasi digital kini memasuki jalur cepat. Aplikasi bertaraf industri seperti smart manufacturing dan power grid dispatching juga meningkatkan beraneka ragam kebutuhan untuk koneksi, kualitas, dan sensor. Di saat yang sama, tren tersebut memicu pertumbuhan pesat dalam kebutuhan daya komputasi dan penyimpanan data.

Wang berkata, "Kita harus bekerja keras jika ingin mewujudkan intelligent world. Era 5,5G merupakan pencapaian penting menuju intelligent world—perkembangan yang tidak boleh luput dari perhatian kita. Di era 5,5G, kita akan membutuhkan pengalaman ubiquitous dengan kecepatan 10 Gbit/s; compute scheduling yang pintar dan bermutu tinggi; jaringan L4 yang sangat otomatis; layanan Cloud Native 2.0 bagi perusahaan, serta peningkatan efektivitas komputasi, penyimpanan data, efisiensi energi infrastruktur sebesar 10 kali lipat."

Selanjutnya, dia menjelaskan pandangan Huawei bahwa langkah tersebut memerlukan dukungan klien, mitra ekosistem, asosiasi industri, lembaga pendidikan sehingga infrastruktur digital terus berkembang dan semakin kuat. Dengan demikian, dukungan ini mempercepat kehadiran era 5,5G dan intelligent world.**


Eko Sulastono

Komentar Via Facebook :