Penyelidikan Kematian Kim Jong Nam Disinyalir Janggal

Penyelidikan Kematian Kim Jong Nam Disinyalir Janggal

Line Kriminal - Kejanggalan Tewasnya kakak tiri penguasa Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, Kim Jong-nam di Malaysia membuat negara itu menjadi sorotan dunia. Upaya penyelidikan kepolisian rupanya mendapatkan gangguan begitu deras dari Korut.

Mereka mendesak agar Malaysia menyerahkan jenazahnya untuk dimakamkan di tanah airnya dan melarang petugas mengautopsinya. Namun, semuanya langsung ditolak. Atas dasar itu pula, negara komunis tersebut menyebutkan telah terjadi banyak kejanggalan yang dilakukan aparat Malaysia atas tewasnya Kim Jong-nam.

Aparat kepolisian menduga, Jong-nam menghembuskan napas terakhirnya akibat diracun, sejalan dengan keyakinan Korea Selatan dan Amerika Serikat di mana menerjunkan agen rahasia untuk membunuh anak pertama Kim Jong-il itu.

Dalam waktu singkat, polisi membekuk tiga tersangka diduga terlibat langsung dalam pembunuhan tersebut. Mereka adalah Siti Aisyah (25) asal Indonesia, Doan Thi Huong (28) asal Vietnam dan Ri Jong-chol (47) asal Korut. Polisi juga masih mencari empat pelaku lainnya yang juga berasal dari negara komunis di utara semenanjung Korea itu.

Korut makin geram lantaran Malaysia menolak menyerahkan jasadnya meski proses autopsi selesai dilakukan. Atas alasan itu, mereka menuding negara tetangga Indonesia itu melakukan tindakan yang melanggar hak asasi manusia dan bersekutu dengan musuh-musuhnya, terutama Korea Selatan.[**]


 

Komentar Via Facebook :