Tanah Longsor Hantam 6 Rumah di Pesisir Selatan

Tanah Longsor Hantam 6 Rumah di Pesisir Selatan

Pesisir Selatan – Bencana tanah longsor Sabtu (18/9/21) sore menerjang enam rumah di daerah Ujung Batu, Nagari Nyiur Melambai Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan Herman Budiarto, Sabtu (18/9/21) mengatakan “Longsor terjadi sore tadi, penyebabnya karena hujan lebat sejak siang sehingga tanah yang berada di bukit dekat lokasi yang memang kebanyakan sudah dibuka masyarakat itu jenuh, lalu terjadi longsor.”

Pada lokasi kejadian, terdapat enam rumah warga. Dua diantaranya adalah rumah kayu. Dua rumah kayu ini, mengalami rusak berat, sehingga tidak bisa ditempati lagi. Sementara empat rumah beton lagi, dekat dapurnya yang kena.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian, cuma karena mereka khawatir semuanya, keenam KK (kepala keluarga) yang ada di situ mengungsi ke tempat keluarganya masing-masing,” lanjutnya.

Selain menimpa rumah terang Herman, longsor juga mengenai jalan kabupaten. Yaitu, Jalan Paleh – Air Tambang, namun masih bisa dilewati kendaraan. Jalan tertutup setengah badan jalan. Lokasi jalan tersebut masih berada di sekitar rumah yang terkena longsor.

Bantuan sementara berupa makanan juga sudah diberikan oleh pihak kecamatan. Nanti akan menyusul lagi bantuan dari Dinas Sosial.

“Tim TRC kami sudah datang ke lokasi tadi. Sekarang karena semua penghuni rumah mengungsi, tim sudah kembali. Besok pagi balik untuk melakukan pendataan ulang,” ucapnya.**


 

Nelpa A.Md

Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT