Khairani: Alhamdulillah Tahun Ini Kita Akan Adakan Lagi Festival Lampu Colok

Khairani: Alhamdulillah Tahun Ini Kita Akan Adakan Lagi Festival Lampu Colok

Festival Lampu Colok

BENGKALIS. Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) kabupaten Bengkalis H Anharizal yang didampingi oleh Kabid Kebudayaan Khairani, menyampaikan bahwa untuk tahun ini kita akan melaksanakan festival lampu colok tingkat kabupaten Bengkalis tahun 2021 atau 1442 Hijriyah.

“Pada tahun 2020 yang lalu kita tidak bisa melaksanakan kegiatan ini karena wabah virus corona atau covid-19 dan Alhamdulilah tahun 2021 kita akan melaksanakan kegiatan tersebut mengingat kegiatan lampu colok ini sudah turun temurun,” ungkap Kadis, Rabu (21/04/21).

Untuk lebih lanjut Kadis menjelaskan juga tentang perizinan untuk mengadakan festival lampu colok pada Bupati Bengkalis yang akan adakan pelaksanaan festival lampu colok tahun 2021 atau 1442 Hijriyah ini.

“Dan dilaksanakan pada malam ke duapuluh tujuh atau yang kita kenal dengan 27 likur. Pelaksanaan festival api colok ini untuk menyemarakkan malam 27 Ramadhan. Selain itu, hal tersebut jadi momentum bagi Pemuda untuk menunjukkan kekompakannya dan kreativitas dalam membuat Menara lampu colok”ungkapnya.

Lanjutnya, lampu colok yang di pertandingkan terbuat dari kaleng bekas dengan jumlah bervariasi, ada yang 5 ribu,  4 ribu, 2.500 dan sebagainya.

“Lampu colok yang biasa dibuat dan di pertandingkan mempunyai arsitektur tersendiri. Ada yang berbentuk kubah masjid, bentuk menara, berbentuk masjid  dan bermacam-macam,”kata Anharizal lagi.

“Untuk pembukaan Festival lampu colok tahun ini laksanakan di Simpang ayam . Adapun hadiah yang akan diperebutkan  uang tunai sebesar Rp.15 juta untuk juara pertama, juara II Rp. 13 Jt, Hadiah III Rp. 11 Jt dan Hadiah Harapan I Rp. 9 Jt. Disamping hadiah tersebut setiap pemenang dikenakan pemotongan pajak,”ungkapnya lagi.

Diharapkan kepada peserta lampu colok agar mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan dan Dinas terkait.

“kita juga memberitaukan kepada masyarakat agar selalu mengikuti protokol kesehatan tentang 3 M yaitu memakai masker mencuci tangan dan selalu menjaga jarak,” himbau H Anharizal.


 

Andika
Komentar Via Facebook :