Gertak Korut, AS Ujicoba Rudal Antarbenua

Gertak Korut, AS Ujicoba Rudal Antarbenua

Line Jakarta - Amerika Serikat menjawab ketegangan dengan Korea Utara dengan mengadakan ujicoba rudal antarbenua, Kamis (27/4) Rudal balastik itu diluncurkan dari pangkalan udara Vandenberg di California.

Rudal bernama Roket Minuteman 3 itu membawa hulu ledak non-eksplosif. Rudal itu mendarat di Kepulauan Marshall, Pasifik Selatan atau sekitar 6.759 kilometer dari tempat peluncuran.

Kolonel Chris Moss, Komandan Space Wing Vandenberg ke-30, mengatakan uji rudal tersebut merupakan demonstrasi penting mencegah nuklir nasional. "Peluncuran Minuteman penting untuk menunjukkan kemampuan pencegahan nuklir, kata Moss, seperti dilansir Independent.

Uji coba rudal ini terkait dengan memanas situasi di Semenanjung Korea setelah Korea Utara menguji coba rudal nuklir ke-enam.

Presiden AS, Donald Trump, mengancam mengambil tindakan tegas terhadap rezim Kim Jong-un. Dia menyebut ambisi nuklir Korea Utara harus ditangani.

Trump langsung mengirimkan kapal induk USS Carl Vinson ke Semenanjung Korea melalui melintasi Indonesia. USS Carl Vinson diperkirakan tiba akhir minggu ini.

Pekan ini, kapal selam USS Michigan juga berlabuh di Busan, Korea Selatan. Selain itu, tentara AS juga sudah mempersiapkan sistem pertahanan anti-rudal di Korsel. **


 

Komentar Via Facebook :