Karya Seniman Cai Guo-Qiang

Hennessy Tampilkan Pertunjukan "A World Odyssey" Kembang Api di Siang Hari

Beijing - Pada musim gugur ini, Hennessy melibatkan Cai Guo-Qian untuk menciptakan ajang kembang api di siang hari di Charente, Cognac, Perancis, pada Jumat, 25 September, pukul 3 sore CET.

Cai Guo-Qiang ialah salah satu seniman yang paling dikagumi dalam seni kontemporer. Selain karya seni instalasi berskala besar dan berada di lokasi tertentu, Cai sangat terkenal dengan penggunaan bubuk mesiu dan kembang api sebagai media seni.

Hal ini dilakukan Cai untuk mengapresiasi siklus abadi yang terdiri atas penciptaan dan kehancuran, serta semangat manusia yang mengenal kegetiran sekaligus menyambut dan merayakan kehidupan yang selaras dengan alam.

Seperti pertunjukan teater, pengembaraan artistik tersebut kelak meletupkan drama, puisi, warna, dan emosi. Kembang api berwarna-warni akan diluncurkan dari 150 tong kayu ek yang mengapung di Sungai Charente demi merayakan hari jadi Hennessy X.O yang ke-150.

Untuk pertama kalinya, Maison Hennessy menggelar pertunjukan "World Odyssey" lewat format livestream ke seluruh dunia.

Bagi Sang Seniman, proyek ini merupakan pertunjukan kembang api pertamanya yang dilakukan di siang hari dari wilayah perairan, serta disiarkan ke seluruh dunia dengan pemirsa yang menyaksikannya secara langsung.

 

Karyanya menjadi pentas publik yang spektakuler dan menampilkan nuansa yang amat emosional, persis seperti yang dilakukan Cai saat Olimpiade Beijing.

Pertunjukan kembang api yang intens ini dirancang sebagai acara inspiratif di tengah pandemi yang luar biasa. Terinspirasi dari "The Birth of Tragedy" karya Nietzsche, Cai Guo-Qiang merancang pertunjukan kembang api selama 15 menit dalam tiga babak.  

"Di tengah kondisi sulit ini, kita telah menjadi satu keluarga yang saling terhubung," ujar President & CEO, Hennessy, Laurent Boillot. 

Di Hennessy, mereka memiliki sejarah panjang berkat hubungan jangka panjang yang terjalin secara lintasgenerasi.

Kini, dari kediamannya di New York City, Cai Guo-Qiang mengingatkan kita bahwa jalinan hubungan yang bersejarah tersebut ialah mahakarya keindahan dan harmoni yang universal.

 

Mewakili Maison Hennessy, kami tak sekadar mendapat kehormatan dan kebanggan untuk menggelar pertunjukan seni ini, namun kami juga ingin menunjukkan komitmen besar kepada keluarga besar kami di dunia.

Satu setengah abad setelah Hennessy X.O dirintis, Cai menyajikan visi artistik tentang sebuah Pengembaraan yang dipertalikan oleh persatuan, kegigihan, dan harapan.

Di tengah tantangan yang dihadapi pada 2020, nilai-nilai tersebut mengarahkan serta mengingatkan kami tentang seberapa besar pencapaian yang telah terwujud, dan seberapa jauh langkah yang masih bisa ditempuh.

"Dari Cognac, kembang api dari Timur—Liuyang, Tiongkok—akan menghiasi langit di atas Charente. Hennessy dan Cai mengajak semua orang untuk menyaksikan pertunjukan artistik yang mengangkat semangat besar dan menatap horizon baru dengan lebih berani," katanya.

Cai Guo-Qiang berkata, "Kita kini memasuki babak baru dari pengembaraan manusia yang menuntut kerja keras. Sinyal dari Cognac, bepergian melalui infrastruktur cloud, terhubung dengan beragam orang dari berbagai penjuru dunia, menghasilkan semangat primitif yang meletup dan membentuk sebuah komunitas dengan masa depan bersama yang terikat dengan alam dan seni". 

"Saya berharap pemirsa terinspirasi dari pertunjukan kembang api ini agar mereka menyatu kembali dengan alam dan menemukan kekuatan yang memulihkan," lanjutnya.

Pertunjukan tersebut kembali memperlihatkan energi, kegigihan, dan harapan Maison Hennessy pada tahun ini guna mendukung berbagai komunitas di Cognac dan seluruh dunia.

Pertunjukan "World Odyssey" menyampaikan dua pesan dari produsen minuman cognac dan seniman ternama, yaitu penghiburan bagi orang-orang yang terimbas pandemi dan optimisme tentang masa depan. 

Pertunjukan tersebut akan ditayangkan lewat internet pada sejumlah platform digital, termasuk Hennessy.com, WeChat, Tencent, Facebook, dan YouTube.

Pertunjukan seni kembang api di siang hari karya Cai Guo-Qiang akan memakai produk-produk pyrotechnic bersertifikasi CE yang tidak beracun dan memiliki sedikit asap.

Untuk informasi lebih lanjut dan menyaksikan livestream, silakan mengunjungi Link ini.**


Redaksi
Komentar Via Facebook :