Peduli Pandemi Covid -19 , Jajaran Polres Rohil Gelar Donor Darah

Peduli Pandemi Covid -19 ,  Jajaran Polres Rohil Gelar Donor Darah

AKBP Muhammad Mustofa saat mendonorkan darahnya dalam bencana Covid- -19

Ujung Tanjung  - Jajaran Personil Polres Rokan Hilir bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Rokan Hilir menggelar kegiatan donor darah yang dilaksankan di gedung Auala Tunggal Panaluan Mapolres Rokan Hilir, Sabtu  (18/04/2020). 

Dalam kegiatan ini, Kapolres Rokan Hilir, AKB. Muhammad Mustofa, S.I.K,MSI, Wakapolres Rokan Hilir, Kompol James Rianov Syaloom Rajagukguk S.I.K, Kabag Ops Polres Rohil, Kompol.H. Antoni L.Gaol, SH, MH, Kasatantas Polres Rohil, AKP David Richardo, S.I.K, turut berpartisipasi mendonorkan darahnya. Mustofa  mengatakan, kegiatan donor darah bagian dari upaya penanganan Covid-19.

"Kegiatan donor darah untuk memenuhi persediaan darah Palang Merah Indonesia (PMI) yang akan digunakan oleh pasien Covid-19 yang membutuhkan," kata Mustofa. 

Mustofa mengatakan, ia juga mengajak jajarannya untuk mendonorkan darah. Menurut dia, ada 66 personel Polres Rokan Hilir yang ikut menjadi pendonor dan 41 orang yang bisa diambil darahnya.

Rangkaian Kegiatan yang dilakukan sebelum mendonorkan darah ,setiap anggota terlebih dahlulu harus melalui  
1. Pemeriksaan Suhu Tubuh
2. Pemeriksaan Tensi dan Golongan Darah.
3. Donor Darah
4. Pemberian Puding kepada Peserta yang melaksanakan donor darah.

Mustofa menambahkan, kegiatan donor darah ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolda  Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendy untuk mengisi stok darah di PMI dalam rangka memenuhi kebutuhan darah dalam masa bencana Covid- 19 

Lebih lanjut Mustofa mengingatkan bahwa kegiatan donor darah harus dilakukan dengan menaati protokol kesehatan dan menerapkan jaga jarak fisik untuk mencegah dan meminimalkan penyebaran COVID-19. Menurutnya, kegiatan donor darah sangat penting dilakukan sebagai wujud dari nilai kemanusiaan

Sementara itu, Staf PMI Kabupaten Rokan Hilir, Maslan menjelaskan bahwa kegiatan Donor Darah oleh Personil Polres Rohil, dengan cara Social Distancing dalam rangka membantu Kekurangan Persediaan Darah untuk Antisipasi Menghadapi Pandemi Covid-19 dan DBD di Kabupaten Rohil, Jumlah personil yang mengikuti donor darah sebanyak 66 Orang dan yang bisa diambil darahnya sebanyak 41 kantong .*(asng)

 


 

Anggi Sinaga
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT