3 Tips Cara Mengelola Keungan Untuk Para Jomlo

3 Tips Cara Mengelola Keungan Untuk Para Jomlo

ilutrasi jomlo

Lifestyle - Kehidupan berkeluarga dengan hidup saat single atau belum menikah jelas berbeda termasuk dalam hal keuangan. Hidup berkeluarga artinya bakal ada kolaborasi pengaturan keuangan dengan aneka kebutuhan mulai dari kebutuhan hidup hingga kebutuhan anak.

Sedangkan beban kebutuhan jomlo belum sedemikian berat dibanding yang sudah berkeluarga.

Akan tetapi bukan berarti jomlo bisa bebas melakukan apapun, menghabiskan uang demi bersenang-senang. Justru jomlo pun musti memiliki perencanaan keuangan. Prita Ghozie, financial planner menuturkan perencanaan keuangan bukan hal mudah tetapi ada trik-trik yang bisa diterapkan kaum jomlo.

Nah, berikut kami telah merangkum 3 Tips cara untuk kamu yang Jomlo Mengelolah Keuangan yang dikutip dari CNN :

1. Punya tujuan

Prita melihat kaum jomlo milenial sering tidak memiliki tujuan. Kebahagiaan diri sendiri malah ditentukan orang lain lewat media sosial semisal bahagia adalah bepergian ke luar negeri dan mengunggah foto apik. Padahal tak masalah jika sudah bahagia dengan menikmati serial layanan streaming video di rumah dengan camilan seadanya.

"Habiskan uang di tempat yang kamu happy beneran, bukan karena melakukan hal yang semua orang lakukan, karena peer pressure," kata Prita saat acara peluncuran buku di Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/19).

2. Buat budget

Sebaiknya buat budget atau alokasi pendanaan. Alokasi dana bisa dibuat per bulan. Catat kebutuhan bulanan misalnya biaya transportasi, biaya kos atau kontrakan, biaya makan, tabungan, juga cicilan. Budget inilah yang akan jadi panduan tiap bulan. Penentuan budget diupayakan agar orang tidak memiliki pengeluaran berlebih bahkan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan.

3. Buat otomatis

Rencana bakal hanya jadi rencana jika tidak diimplementasikan. Prita menyarankan untuk membuat segala sesuatu otomatis. Gaji masuk otomatis dipotong untuk beragam kebutuhan seperti dana darurat, investasi dan lain-lain. Misalnya, gaji masuk Rp10juta, sebenarnya yang terpakai Rp8juta karena lainnya sudah masuk pos-pos yang ditentukan.

"Coba saja trik-trik ini baru kemudian penyesuaian jika sudah menikah, berkeluarga. Ini proses, orang enggak bisa instan kaya raya. Perencanaan keuangan itu perjalanan seseorang sampai dia meninggal. Pada akhirnya orang enggak mau meninggalkan utang," ujar Prita


Arya S
Komentar Via Facebook :