Bakamla RI / IDNCG Hadiri HLM untuk HACGAM ke-15 di Kolombo

Bakamla RI / IDNCG Hadiri HLM untuk HACGAM ke-15 di Kolombo

Whatshap

Internasional - Perwakilan Bakamla RI / Penjaga Pantai Indonesia (IDNCG) dan Polair yang tergabung sebagai Delegasi Republik Indonesia (Delri) yang dipimpin Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksda Bakamla TSNB Hutabarat , MMS, menghadiri High Level Meeting (HLM) untuk Pertemuan Kepala Badan Penjaga Pantai Asia (HACGAM) ke-15, di Colombo, Srilanka, beberapa hari yang lalu. Sabtu,(13/10/19).

HACGAM merupakan pertemuan antar penjaga pantai dan badan penegak hukum laut dengan penjaga pantai di kawasan, yang menjadi platform terbaik, informasi, dan kerja sama untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan laut. Dari 4 pilar yang ada yaitu Perlindungan Lingkungan (EP), Pencarian dan Penyelamatan (SAR), Pengembangan Kapasitas (CB) dan Mencegah dan Mengontrol Tindakan Melanggar Hukum di Laut (PCUAS), Indonesia menjadi Chair untuk pilar Peningkatan Kapasitas.

Sebagai pemimpin Pengembangan Kapasitas, Bakamla RI / IDNCG telah melaksanakan Latihan Keamanan Desktop Maritim (MSDE) hasil kerja sama dengan ABF, serta melaksanakan program peningkatan kapasitas untuk negara anggota HACGAM di Jakarta Pusat Kerjasama Penegakan Hukum (JCLEC), Semarang. Dalam pertemuan yang berlangsung 7-10 Oktober 2019 itu, pertemuan tersebut mengundang hubungan antara kelompok kerja pilar lain agar dapat saling berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas, baik dalam bentuk pengiriman bantuan, pelatih, serta memfasilitasi tempat pelatihan, dengan memfasilitasi semua negara dan pengamat. Usulan itupun telah disetujui oleh seluruh anggota HACGAM dan Cross Working Group Meeting akan mulai dilaksanakan pada WLM berikutnya.

Rapat juga menyiarkan pelatihan yang akan dijalani oleh seluruh anggota Kelompok Kerja Pengembangan Kapasitas (CBWG) yaitu Pelatihan Komunikasi dan Kunjungan Pencarian dan Penyitaan Asrama (VBSS) Tarining. Selain itu delegasi Indonesia juga menyatakan ingin ikut serta dalam kegiatan kelompok kerja lain seperti SAR, dan EP, yang mana hal tersebut disetujui oleh seluruh negara anggota HACGAM.

Usai pertemuan HLM, Bakamla RI / IDNCG mengadakan pertemuan bilateral dengan penjaga pantai dari berbagai negara antara Pasukan Perbatasan Australia (ABF), Sri Lanka CG, India CG, Philipine CG, Vietnam CG, CG Polisi Singapura, dan Korea CG. Selain itu berlangsung pula pertemuan bilateral dengan RSO Bali Process, ReCAAP ISC, dan Angkatan Pertahanan Nasional Maladewa.

Hasil dari pertemuan bilateral dengan Pasukan Pertahanan Nasional Maladewa dan Srilanka CG, Bakamla RI / IDNCG berencana menjajaki kerja sama di bidang keamanan maritim.


Arya S
Komentar Via Facebook :