10 Nama Capim KPK ini Akan Diserahkan ke Jokowi Besok

10 Nama Capim KPK ini Akan Diserahkan ke Jokowi Besok

Jakarta - Pansel capim KPK) atau panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyetor 10 nama capim KPK kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok.

Kesepuluh nama ini sebelumnya ditentukan dalam rapat internal pansel, ini bocoran 20 nama yang lolos capim KPK tersebut.

  1. Firli Bahuri - Anggota Polri
  2. Antam Novambar - Anggota Polri
  3. Bambang Sri Herwanto - Anggota Polri
  4. Johanis Tanak - Jaksa
  5. Sri Handayani - Anggota Polri
  6. Sugeng Purnomo - Jaksa
  7. Supardi - Jaksa
  8. Jasman Pandjaitan - Pensiunan Jaksa
  9. Nawawi Pomolango - Hakim
  10. Cahyo RE Wibowo - Karyawan BUMN
  11. Alexander Marwata - Komisioner KPK
  12. I Nyoman Wara - Auditor BPK
  13. Jimmy Muhamad Rifai Gani - Penasihat Menteri Desa
  14. Lili Pintauli Siregar - Advokat
  15. Luthfi Jayadi Kurniawan - Dosen
  16. Neneng Euis Fatimah - Dosen
  17. Nurul Ghufron - Dosen
  18. Roby Arya - PNS Seskab
  19. Sigit Danang Joyo - PNS Kemenkeu
  20. Sujanarko - Pegawai KPK

Anggota Pansel capim KPK Hendardi mengatakan, rapat penentuan 10 nama capim digelar besok Senin (2/9). Pada sore harinya, pansel dijadwalkan menyerahkan nama 10 capim ke Jokowi.

"Besok pagi kami rapat. Siang jam 15.00 WIB, rencananya diterima Presiden (jika tidak berubah). Sepuluh nama kami serahkan kepada Presiden dan Presiden yang punya kewenangan untuk mengumumkan," kata Hendardi saat dimintai konfirmasi, Minggu (1/9/2019).

Hendardi mengatakan pansel menerima masukan dari KPK, guru besar, ataupun pegiat antikorupsi mengenai kategori capim yang akan diputuskan. Hendardi menjamin capim KPK yang dipilih berintegritas.

"Semua masukan dari pihak mana pun, termasuk dari unsur-unsur KPK, akademisi, guru besar, LSM, dan lain-lain kami jadikan masukan dan pertimbangan. Namun tentu saja hal-hal yang sifatnya dugaan atau indikasi yang belum merupakan kepastian tidak dapat dipaksakan kepada kami untuk kami terima sebagai kebenaran. Pansel sejak awal mendapat mandat Presiden berupaya memperoleh capim yang bersih dan berintegritas yang dapat memimpin KPK dengan baik," ujar Hendardi.

Sebelumnya, 20 capim KPK sudah melalui proses wawancara, uji publik, dan tes kesehatan. Dari 20 capim, akan diseleksi kembali menjadi 10 nama. Kesepuluh nama ini kemudian diserahkan ke Jokowi sebelum disetor ke DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Hasil akhir, akan ditetapkan 5 nama untuk memimpin KPK di periode 2019-2023.**


Krisman H
Komentar Via Facebook :