Perkim Rohil, Sosialisaikan Mekanisme Penerima Bantuan Rumah Dari DAK 2019

Perkim Rohil, Sosialisaikan Mekanisme Penerima Bantuan Rumah Dari DAK 2019

Foto / Okeline

Rohil - Pemkab Rohil dalam hal ini Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Rokan Hilir, Riau menggelar pelatihan dan sosialisasi untuk Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dan kepenghuluan yang menerima Bantuan Prioritas Rumah Swadaya Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019.

Pelatihan dan sosialisasi itu diikuti 2 kelurahan dan 8 kepenghuluan yang ada di Kecamatan Bangko dan Kecamatan Sinaboi. Narasumber pada kegiatan itu dari Satuan Kerja Penyedia Perumahan Provinsi Riau, Minsarwedi dan Jamalus.Kamis 2 April 2019.

Kepala Dinas Perkim Zulfahmi, ST, MT mengatakan calon penerima bantuan prioritas rumah swadaya paling banyak berasal dari Kecamatan Bangko yang ada di kepenghuluan Labuhan Tangga Besar, Labuhan Tangga Kecil, Labuhan Tangga Baru, Bagan Jawa dan Bagan Jawa Pesisir.

"Sementara untuk kelurahan yang ada di Kecamatan Bangko yang menerima bantuan itu Kelurahan Bagan Barat dan Kelurahan Bagan Timur," kata Zulfahmi usai membuka acara didampingi Novi korpriyadi, ST. Tampak Hadir pada pembukaan acara Kepala Bidang Infrastruktur Aulia Putra, ST.

Sedangkan dari Kecamatan Sinaboi lanjut zulfahmi, hanya 2 kepenghuluan yang menerima yaitu Kepenghuluan Serusa dan Raja Bejamu. "Nanti TFL dan perangkat desa akan turun kelapangan mendata masyarakat calon penerima dan diverifikasi kelayakannya," ujarnya.

Setelah ditetapkan siapa penerima bantuan itu lanjutnya, pihaknya baru akan menetapkan by name by addres.

"Setelah ditetapkan barulah diajukan anggarannya. DAK ini ada aturannya, mudah-mudahan Mei ini terkejar pengajuannya, Tergantung TFL dan kepenghuluanlah mengajukan verifikasi," sebutnya.

Masih kata Zulfahmi, 1 kepenghuluan dan kelurahan mendapatkan rehap rumah 14 unit, total secara keseluruhan 140 unit. Satu unit dianggarkan Rp.17.500.000. "Jadi anggaran DAK yang kita terima Rp2.450.000.000," milliar pungkasnya. (a sg) 


Anggi Sinaga
Komentar Via Facebook :