Petani Jagung di Tuban Rugi Total Karena Diserang Tikus

Ajho
Share :
petani-jagung-di-tuban-rugi-total-karena-diserang-tikus

Okeline Tuban - Hampir dua pekan terakhir hewan pengerat tikus serang puluhan hektar tanaman jagung milik warga di kawasan hutan jati Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban Bumi Wali.

Serangan hama tikus ini membuat para petani jagung frustasi, sehingga petani terpaksa membabatnya untuk digunakan sebagai pakan ternak, hama ini merusak jagung yang sudah berusia 75 hari dan kurang dari 2 minggu.

Tak tangung-tangung akibat serangan tikus ini tanaman jagung hanya tersisa tongkolnya saja itu kemudian oleh petani terpaksa harus di potong lebih awal. Para petani harus menelan kerugian hingga Rp 10 juta untuk setiap satu hektar.

Sementara itu, pendamping petani kawasan hutan desa setempat, Yamani, menybutkan serangan hama tikus hutan tersebut sudah merusak tanaman jagung milik warga desa sekitar hingga 10 hektar, dan meluas hingga ke desa tetangga.

"Selain tikus, serangan tupai maupun monyet liar juga menambah kerusakan di kawasan hutan, sebelumnya para petani sudah membungkus jagung dikasih racun, namun tikus ini kebal racun," katanya.**

Share :

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait