Dokter Yakini Pretty Asmara Meninggal Akibat Infeksi Paru, Empat Penyakit Paru Perlu Dicegah

Harry Spider H
Share :
dokter-yakini-pretty-asmara-meninggal-akibat-infeksi-paru-empat-penyakit-paru-perlu-dicegah

Okeline Jakarta - Kabar aktris dan presenter Pretty Asmara meninggal dunia pada Minggu (4/11/18) pagi, ternyata memang benar dan buka hoax semata.

Meski begitu, banyak kalangan menyebut Pretty Asmara meninggal lantaran overdosis narkoba atau pun penyakit HIV, namun para dokter memastikan Pretty meninggal lantaran terkena infeksi paru yang berbahaya.

Infeksi paru merupakan salah satu penyebab kematian yang masih jadi masalah di Indonesia. Setidaknya, ada 4 penyakit infeksi paru yang sangat berbahaya hingga bisa menyebabkan kematian.

Maua tahu apa aja jenis penyakit baru tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, ada 4 infeksi paru paling berbahaya:

1. Tuberkulosis

Tuberkulosis alias TBC merupakan penyakit infeksi yang paling sering ditemui di paru. Diperkirakan sekitar 10 juta orang terinfeksi tuberkulosis setiap tahunnya, dengan jumlah kematian 1,6 juta orang.

Bahaya tuberkulosis bukan hanya dari kematian, proses penularannya yang mudah, hanya lewat udara, membuatnya gampang menginfeksi populasi penduduk.

2. Kista fibrosis

Kista fibrosis (cystic fibrosis) merupakan merupakan penyakit langka, dengan kurang dari 150 ribu kasus di Indonesia per tahun. Namun penyakit ini berbahaya karena hingga saat ini, belum ditemukan obat yang benar-benar bisa menyembuhkannya.

3. Hipertensi paru

Hipertensi paru tidak hanya berbahaya bagi paru itu sendiri, namun juga jantung. Penyebab kematian pada pasien hipertensi paru terjadi karena kegalalan organ jantung atau paru, dan juga bisa dikarenakan serangan jantung.

4. Kanker paru

Tingginya angka kasus kanker paru di Indonesia terjadi karena masih banyak masyarakat yang merokok. Gejala kanker paru antara lain batuk darah, nyeri dada, napas berbunyi, hingga penurunan berat badan secara drastis.***

 

Sumber  : Suara.com

Editor    : Kardoffa

Share :

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait