Beberapa Makanan Untuk Menurunkan Asam Urat

Rinaldi S
Share :
beberapa-makanan-untuk-menurunkan-asam-urat

Okeline Kesehatan - Banyak Penderita Asam Urat Bingung atau frustasi bagaimana untuk mengobati penyakit ini hingga sembuh. Penderita Asam Urat Cenderung mengeluh sakit pada bagian persendian dan juga aliran urat darah. faktor penyebab penyakit asam urat dikarenakan pola makanan yang tidak sehat, berlebihan yang akhirnya mengakibatkan asam urat.

Beberapa yang telah kami rangkum untuk menangani penyakit asam urat. salah satunya adalah dengan mengatur pola makan sehat dan mengonsumsi makanan penurun asam urat. Berikut makanan yang dapat menurunkan asam urat:

1. Kacang panjang prancis

Makanan untuk asam urat tinggi yang juga dianjurkan adalah kacang panjang prancis. Kacang panjang prancis sering ditemui pada tanah gembur dan dijadikan sebagai sayuran makanan. Kandungan kacang panjang ini diantaranya kalium, riboflavin, magnesium, rendah purin dan vitamin C. Vitamin C di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

2. Seledri

Dalam tanaman obat seledri terdapat kandungan flavonoid dan 3-n butylphthalide (3nB) yang diduga mempunyai mekanisme kerja untuk menghambat pembentukan asam urat. Selain itu seledri mengandung minyak atsiri 0,033% dan vitamin C 15 mg. Dalam hal ini, air seduhan seledri juga dapat menurunkan kadar asam urat.

3. Brokoli

Brokoli merupakan tanaman berserat yang kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan vitamin yang dimiliki di antaranya vitamin A, C, E, K, B1, B6 yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

4. Beras merah

Beras merah mengandung karbohidrat tinggi namun memiliki kadar gula serta kalori rendah sehingga mampu sebagai makanan untuk menurunkan asam urat di dalam tubuh. beras merah ini juga cocok bagi anda yang sedang diet. Selain lebih sehat, beras merah ini juga mampu memberikan energi yang tinggi bagi anda para penderita asam urat.

5. Kacang pinto dan kuaci

Asam folat yang banyak terkandung di dalam kacang pinto sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh secara alami. Selain kacang pinto, biji bunga matahari atau kuaci juga memiliki manfaat serupa bagi para penderita asam urat. Namun ingat, Anda hanya dianjurkan untuk mengkonsumsi dua jenis kacang tersebut karena kacang-kacangan yang lainnya justru dapat menyebabkan asam urat naik.

6. Kentang dan jagung

Kentang dan jagung merupakan dua sayuran yang dapat menurunkan asam urat di dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk mengkonsumsi keduanya dalam keadaan mentah. Namun jika kurang suka, maka Anda bisa merebusnya atau mengukusnya terlebih dahulu hingga matang.

7. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang memiliki kadar gizi dan nutrisi yang tinggi dan baik dikonsumsi salah satunya untuk para penderita asam urat. Ikan salmon ini memilik kadar purin yang cukup rendah sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita asam urat.

8. Coklat hitam

Jika Anda penyuka coklat, maka cobalah untuk rutin mengkonsumsi coklat hitam. Coklat hitam memiliki kandungan teobromin yang dapat menjaga kadar asam urat di dalam tubuh Anda. Selain itu, coklat juga dapat menjadi obat untuk mencegah timbulnya stress. 

Bagi penyakit asam urat yang sudah cukup lama dan semakin parah, coba berkonsultasi dengan dokter spesialis. artikel diatas cuma sebagai pembantu anda untuk mengatur pola makanan anda agar menurunkan asam urat ataupun terhindar dari penyakit ini.

Share :

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait