Provinsi Riau Menjadi Titik Panas Terbanyak Di Wilayah Sumatera

Arya
Share :
provinsi-riau-menjadi-titik-panas-terbanyak-di-wilayah-sumatera

Line Riau - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. ( BMKG) Provinsi Riau, Minggu(16/07/18), mendeteksi 74 titik titik panas yang tersebar di delapan Provinsi di Wilayah Sumatera. Sebanyak 16 titik atau menjadi titik terbanyak, terpantau di Riau. 

Menjelang musim kemarau yang terjadi sejak awal Juni 2018, sebaran titik panas di wilayah Sumatera tersebar di delapan provinsi. Lampung 4 titik, Babel 2 titik, Sumsel 8 titik, Sumut dan Jambi 9 titik, Bengkulu 1 titik, Aceh 11 titik, dan titik panas terbanyak terdapat di Provinsi Riau yakni 16 titik panas.

Kepala BMKG Pekanbaru, Bibin Sulianto menjelaskan, titik panas terpantau di daerah Sumatera karena memasuki musim kemarau sejak awal Juni 2018. Ia memperkirakan, titik panas akan terjadi hingga pertengahan September 2018. Di wilayah Sumatera, Riau menyumbang paling banyak titik panas, yaitu 16 titik yang tersebar di enam kabupaten dan kota. Meranti dan Kampar, 1 titik panasd, Dumai 2, Rohil 6, Rohul 5, dan Siak 1 titk.

Jika level confiden di atas 70 persen atau sudah ada titik api ada 12 titik. Namun yang harus diwaspadai atau wilayah yang masih rawan kebakaran hutan dan lahan di Riau terdapat di 4 Kabupaten, yaitu Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hilir, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu. Status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan di Riau Diperpanjang Pemerintah Provinsi Riau dari 28 Mei 2018 hingga September 2018. (Aya/red)

Share :

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait