Pemda Rohil Gelar Rakor Penanggulangan Karlahut 2021

Pemda Rohil Gelar Rakor Penanggulangan Karlahut 2021

Bupati Rohil pimpin Rakor Penanggulangan Karlahut 2021 di Gedung Misran Rais

ROKAN HILIR - Bupati Rokan Hilir H.Suyatno secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kebakaran hutan dan Lahan tahun 2021 yang di gelar di Gedung Serba Guna Misran Rais Jalan gedung Nasional Bagan Siapiapi, Senin (15/02/2021) .

Suyatno dalam pemaparannya menjelaskan, "  Provinsi Riau adalah salah satu daerah yang setiap tahun mendapat musibah kebakaran hutan dan lahan. Setelah menghadap Gubri beberapa waktu lalu , Menteri Polhukam mengintruksikan Pemerintah Riau bersama instutisi dan masyarakat harus bekerja keras dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Oleh sebab itu pemerintah harus mempersiapkan persiapan terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Meskinpun dalam penanganan karhutla provinsi  Riau menggunakan aplikasi lancing kuning sudah mendapat apresiasi dari presiden RI Jokowi. " Paparnya .

Dalam rapat koordinasi tersebut  turut dihadiri wakil ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, SH.SIK, Dandim 0321/Rohil Letkol arh Agung Rachman Wahyudi, SIP, M.Pol, Kajari Rohil Gaos Wicaksono, SH, MH yang diwakili oleh kasintel Dian Nasution, SH, para Asisten sekdakab Rohil, kemenag, danramin, Bhabinkamtibmas, camat, pimpinan perusahaan di Rohil dan undangan lainnya. 

Bupati mengungkapkan agar semua pihak dapat waspada dengan terjadinya karhutla di lingkungan masing-masing seiring dengan tren mulai adanya kejadian karhutla.

"Harus waspada dengan potensi karhutla, lakukan pemantauan terus, jangan sampai lengah," kata Suyatno.

Pemda Rohil komitmen akan  terus memberikan dukungan untuk penanggulangan karhutla baik pemberdayaan sumber daya manusia yang terkait dengan penanganan karhutla maupun bantuan peralatan, fasilitas yang diperlukan untuk pemadaman karhutla.

Khusus di kabupaten Rokan Hilir , Pemerintah Provinsi Riau segera akan menetapkan siaga kebakaran hutan dan lahan. Oleh sebab itu pada hari ini, kata bupati Rohil, semua dikumpulkan untuk melaksanakan rapat koordiinasi (Rakor) dengan semua instansi dan pihak Perusahaan. 

“Terutama sekali bapak dan ibu yang bertugas dilapangan, Danramil, Kapolsek, Camat dan jajarannya serta pimpinan perusahaan. Mudah-mudahan di daerah Rokan Hilir tidak ada terjadi Karlahut seperti pengalaman di tahun 2020, ”katanya.

Tentunya harapan kita negeri ini tidak dilanda terus kebakaran hutan seperti tahun tahun kemaren. Kerja keras bapak ibu semua sangat di perlukan sekali termasuk kerja keras perusahaan dan elemen masyarakat ”katanya.

Namun demikian dalam kesempatan ini, H.Suyatno menghimbau agar tetap selalu waspada dan terus melakukan koordinasi dengan semua unsur dalam penanggulangan Karlahut .

“Diharapkan bersamaan dalam kondisi penyebaran Covid -19 saat ini , meminta aparat petugas selalu mengaktifkan pos covid 19 terutama sekali di daerah perbatasan, ”tandasnya.


Anggi Sinaga
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT