Soal Vaksinasi Covid-19, Panglima: TNI Siap Mendukung

Soal Vaksinasi Covid-19, Panglima: TNI Siap Mendukung

Jakarta - Pasca dilantik menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, melakukan berbagai sosialisasi dan koordinasi ke berbagai pihak dalam rangka mendukung percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.

Kamis (31/12/2020) Budi Gunadi bertandang ke Subden Denma Mabes TNI, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat untuk bertemu dan berdiskusi dengan Panglima TNI Hadi Tjahjanto S.I.P..

Hadir dalam pertemuan, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono, Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad dan mantan Kapuskes TNI Mayjen TNI (Purn) dr. Ben Yura Rimba, MARS.

Dalam Kunjungan ini, Menkes didampingi oleh Wamenkes RI  dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp. PD, Ph. D., Sekjen drg. Oscar Primadi, MPH., serta sejumlah pejabat kementerian kesehatan lainnya.Saat pertemuan, Menkes menyampaikan terkait pelaksanaan vaksinasi nasional dalam waktu dekat. Sesuai rencana Kementerian Kesehatan Republik Indoenesia (Kemenkes RI) akan segera melakukan vaksinasi nasional sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Kami minta bantuan kepada TNI yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas kesehatan yang lengkap serta Alutsista dalam mendukung pendistribusian dan pelaksanaan vaksinasi nasional ke seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

Ditambahkannya,"apalagi khusus untuk pulau terluar dan wilayah terpencil, sangat kita harapkan bantuan dari pihak TNI" tambahnya.

Menurut Menkes RI yang mengantikan posisi Terawan Agus Putranto, rencana vaksinasi harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian serta persiapan matang. "Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama terkait rencana vaksinasi nasional diantaranya ketersediaan vaksin, kesiapan sarana prasarana," imbuhnya. 

Selain itu katanya, SDM yang handal, strategi pendistribusian yang sistimatis, serta pelaksanaan di lapangan juga tak kalah penting.

Merespon permintaan tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, Vaksinasi Covid-19 merupakan program nasional. Tentara Nasional Indonesia pasti siap mendukung rencana pelaksanaannya.  "TNI ikut berperan aktif dalam membantu Kemenkes RI khususnya menyiapkan sumber daya manusia," ungkapnya. 

Kabidpenpas Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Edys Riyanto, M.Si. dalam keterangan tertulis menjelaskan,  kata Panglima, TNI telah melaksanakan kegiatan Training of Trainer (TOT) demi mendukung pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang digelar di Mabes TNI Cilangkap beberapa waktu lalu.

Panglima juga menghimbau,  untuk mensukseskan program ini dibutuhkan dukungan semua pihak. "Saat ini TNI telah menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, mulai dari penyimpanan, pengamanan, pendistribusian ke setiap fasilitas kesehatan, serta kesiapan fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Hadi.**


Batara Harahap
Komentar Via Facebook :